Map Vision Indonesia

Peristiwa Menarik Tahun 2021 yang Terekam Satelit dari Maxar Technologies (Bagian 1)

(Last Updated On: January 6, 2022)

This slideshow requires JavaScript.

DAPATKAN CITRA SATELIT DARI MAXAR TECHNOLOGIES DENGAN KUALITAS TERBAIK & HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0878 2292 5861 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Tahun 2021 telah kita lewati bersama. Sekarang kita berada di tahun yang baru, 2022. Semoga di tahun ini, pandemi segera berakhir serta segala pengharapan, keinginan, dan berbagai hal yang belum kita capai pada tahun-tahun sebelumnya, dapat kita raih di tahun ini. Aamiin.

Walau kita sudah meninggalkan tahun 2021, mari sejenak melihat beragam peristiwa menarik sepanjang tahun 2021 yang terekam oleh satelit observasi bumi kepunyaan perusahaan Maxar Technologies.

BACA JUGA:

1). Landsat 9: Satelit Generasi Terbaru dari Program Landsat Berhasil Mengangkasa

2). Peta Sebaran Virus Corona dari John Hopkins University

3). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Corona Melanda

4). Citra Radar Menunjukkan Area yang Berpotensi Banjir

5). Melihat Pola-Pola Deforestasi Hutan Amazon dari Citra Satelit

1). Januari 2021

Acara Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-46 setelah mengungguli presiden incumbent, Donald Trump, pada pemilihan presiden yang berlangsung tahun 2020.

Pelantikan Joe Biden sebagai presiden dan juga Kamala Harris sebagai wakilnya, dilakukan pada 20 Januari 2021 di Gedung Kongres Amerika Serikat, Capitol.

Acara inagurasi tersebut direkam oleh Satelit WorldView-3 kepunyaan Maxar Technologies, seperti yang dapat kita lihat di bawah ini:

Citra Satelit WorldView-3 Memperlihatkan Kenampakan Bendera Amerika Serikat dalam Ukuran Raksasa Pada Acara Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView3 Memperlihatkan Kenampakan Bendera Amerika Serikat dalam Ukuran Raksasa Pada Acara Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView-3 di atas memperlihatkan kenampakan bendera Amerika Serikat dalam ukuran raksasa pada acara pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Bendera berukuran jumbo tersebut, diletakkan di National Mall (Alun-Alun Nasional) dan berada di antara 200 ribu bendera Amerika Serikat lain yang berukuran jauh lebih kecil, sebagai penanda jumlah orang yang tidak dapat mengikuti acara inagurasi, berhubung pelantikan dilakukan dalam kondisi pandemi serta alasan keamanan.

Citra Satelit WorldView-3 Memperlihatkan Nyala Kembang Api Pada Acara Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Citra Satelit WorldView3 Memperlihatkan Nyala Kembang Api Pada Acara Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Nyala kembang api pada saat acara inagurasi terekam dengan jelas oleh Satelit WorldView-3. Dengan dominasi warna merah dan putih, kembang api menyala di dekat Monumen Washington (sebelah tengah bawah) serta waduk buatan Tidal Basin (sebelah kiri).

Perekaman pada acara pelantikan tersebut, dilakukan oleh Satelit WorldView-3 pada malam hari.

2). Februari 2021

  • Tampa Bay Buccaneers Juara Super Bowl LV

American Football merupakan salah satu olahraga paling populer di Amerika Serikat. Walau terdapat kata Football, namun cabang olahraga yang satu ini berbeda dengan olahraga sepak bola yang umumnya masyarakat dunia kenal, dimana warga Amerika Serikat menggunakan istilah soccer untuk menyebut olahraga yang digeluti Messi, Ronaldo, dan pemain sepak bola lainnya.

Liga profesional teratas untuk olahraga keras ini di Amerika Serikat bernama National Football League (NFL). Liga NFL terdiri dari dua divisi yakni AFC (American Football Conference) dan NFC (National Football Conference). Tim teratas dari masing-masing divisi akan bertemu di partai puncak yang disebut sebagai Super Bowl.

Untuk Super Bowl edisi ke 55 (LV) mempertemukan tim terkuat pada divisi AFC yang juga merupakan juara bertahan Super Bowl edisi sebelumnya, Kansas City Chiefs, bersua tim tertangguh di divisi NFC, Tampa Bay Buccaneers.

Pertandingan puncak Super Bowl dihelat pada 7 Februari 2021 di Stadion Raymond James, dengan Tampa Bay Buccaneers sukses keluar sebagai sang pemenang, setelah unggul atas juara bertahan dengan skor 31-9.

Satelit GeoEye-1 merekam Stadion Raymond James pada hari laga final berlangsung, seperti terlihat di bawah ini:

Citra Satelit GeoEye-1 Stadion Raymond James Tanggal Perekaman 7 Februari 2021

Citra Satelit GeoEye1 Stadion Raymond James Tanggal Perekaman 7 Februari 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Pada citra satelit terlihat logo dan tulisan tim yang bertanding di partai Super Bowl LV yang terdapat pada bagian ujung masing-masing sisi lapangan.

  • Pusat Vaksinasi di Stadion Dodger

Vaksin untuk COVID-19 tersedia di Amerika Serikat pada awal tahun 2021. Kegiatan vaksinasi mulai gencar dilakukan di negara adidaya tersebut, salah satunya yang dilakukan di Stadion Dodger, Los Angeles. Pemerintah kota setempat mengubah stadion yang merupakan markas dari tim baseball, Los Angeles Dodgers, menjadi pusat vaksinasi.

Citra Satelit WorldView-2 tanggal perekaman 6 Februari 2021 memperlihatkan Stadion Dodger dan area sekitarnya ketika kegiatan vaksinasi berlangsung.

Citra Satelit WorldView-2 Memperlihatkan Kegiatan Vaksinasi di Stadion Dodger Tanggal Perekaman 6 Februari 2021

Citra Satelit WorldView2 Memperlihatkan Kegiatan Vaksinasi di Stadion Dodger Tanggal Perekaman 6 Februari 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit di atas, kenampakan Stadion Dodger dan antrian mobil yang mengular di area sekitar stadion untuk menunggu giliran mendapatkan vaksinasi.

  • Demo Rakyat Myanmar untuk Demokrasi

Militer Myanmar pada tanggal 1 Februari 2021, menangkap pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, beserta tokoh penguasa lainnya, untuk mengambil alih tampuk kekuasaan.

Semenjak kudeta terjadi, berbagai aksi demo dan perlawanan terhadap junta militer oleh rakyat Myanmar terjadi, salah satunya yang berlangsung di Yangon, Myanmar, pada 22 Februari 2021.

Citra Satelit GeoEye-1 merekam aksi protes tersebut, seperti terlihat di bawah ini:

Citra Satelit GeoEye1 Aksi Demo di Yangon, Myanmar, Tanggal Perekaman 22 Februari 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit GeoEye1 Aksi Demo di Yangon, Myanmar, Tanggal Perekaman 22 Februari 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Mural bertuliskan FREE OUR LEADERS dan WE NEED DEMOCRACY, yang dibuat oleh para pendemo, terlihat jelas dari citra satelit.

3). Maret 2021

  • Uji Coba Peluncuran Starship

SpaceX – perusahaan yang dimiliki orang terkaya di Bumi ini, Elon Musk, melakukan pengujian pesawat Starship di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat.

Pengembangan Starship mempunyai goal untuk dapat mengangkut orang menuju Mars, Bulan, dan tempat-tempat lain di luar angkasa.

Citra Satelit WorldView-3 tanggal perekaman 3 Maret 2021 memperlihatkan prototipe Starship SN10 berada pada area peluncuran di Boca Chica.

Tampilan Starship SN10 di Area Peluncuran di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat Tanggal Perekaman 3 Maret 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

  • Ledakan di Pangkalan Militer Guinea Ekuatorial

Setidaknya dilaporkan 5 ledakan besar terjadi di Kamp Militer Nkoa Ntoma, yang berada di Kota Bata, Guinea Ekuatorial, pada 7 Maret 2021.

Ledakan berasal dari kobaran api yang menyambar bahan peledak yang disimpan tidak semestinya di kamp militer tersebut.  Akibat dari ledakan yang terjadi, selain mengakibatkan berbagai bangunan luluh lantak di kamp serta area sekitarnya, lebih dari 100 orang harus kehilangan nyawanya serta 600 orang lebih lainnya mengalami luka-luka.

Citra Satelit GeoEye-1 berikut ini memperlihatkan kondisi area kamp sebelum dan setelah ledakan terjadi:

Citra Satelit GeoEye-1 Memperlihatkan Kondisi Kamp Militer Nkoa Ntoma di Guinea Ekuatorial Sebelum Ledakan Terjadi - Tanggal Perekaman 7 Agustus 2020 (Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit GeoEye1 Memperlihatkan Kondisi Kamp Militer Nkoa Ntoma di Guinea Ekuatorial Sebelum Ledakan Terjadi Tanggal Perekaman 7 Agustus 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit GeoEye-1 Memperlihatkan Kondisi Kamp Militer Nkoa Ntoma di Guinea Ekuatorial Setelah Ledakan Terjadi - Tanggal Perekaman 9 Maret 2021

Citra Satelit GeoEye1 Memperlihatkan Kondisi Kamp Militer Nkoa Ntoma di Guinea Ekuatorial Setelah Ledakan Terjadi Tanggal Perekaman 9 Maret 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit GeoEye-1 sebelum ledakan terjadi menggunakan tampilan warna natural atau tampilan warna objek sesuai dengan yang terlihat oleh mata manusia, sedangkan setelah ledakan menggunakan tampilan warna semu yang melibatkan penggunaan band inframerah dekat (near infrared), untuk menonjolkan kenampakan objek-obek dan area yang terbakar.

Terlihat dari citra satelit, banyak bangunan yang sudah rata dengan tanah, serta area mana saja yang ikut terbakar akibat ledakan tersebut.

  • Terusan Suez Terhalang Kapal Kontainer

Kapal kontainer bernama Ever Given yang merupakan bagian dari armada Evergreen, tersangkut di Terusan Suez, Mesir,  yang terjadi mulai dari 23 Maret 2021.

Badai pasir yang melanda Gurun Sinai, Mesir, dan banyak wilayah Timur Tengah lainnya, menjadi penyebab kapal keluar jalur pelayaran dan kemudian membloklir jalur pelayaran di Terusan Suez.

Kejadian tersebut mengakibatkan kemacetan lalu lintas pelayaran kapal yang lalu lalang melalui Terusan Suez, dan diperkirakan membuat berbagai pihak terkait harus merugi hingga 400 juta USD atau sekitar Rp. 5,6 triliun per jam, serta membuat harga minyak naik karena keterlambatan pengiriman.

Satelit WorldView-2 merekam peristiwa tersangkutnya kapal dengan panjang mendekati tinggi Empire State Building, New York, seperti dapat kita lihat di bawah ini:

Citra Satelit WorldView-2 Memperlihatkan Kapal Ever Given yang Menghalangi Jalur Pelayaran di Terusan Suez - Tanggal Perekaman 26 Maret 2021

Citra Satelit WorldView2 Memperlihatkan Kapal Ever Given yang Menghalangi Jalur Pelayaran di Terusan Suez Tanggal Perekaman 26 Maret 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit di atas, posisi kapal berbobot 200 ribu ton itu, melintang menutupi jalur lalu lintas pelayaran kapal lain yang hendak melewati Terusan Suez.

Setelah hampir sepekan, pada 29 Maret 2021, akhirnya kapal tersebut berhasil digeser hingga 29 meter, melalui upaya yang dilakukan belasan kapal tunda (tug boat) dan kapal keruk.

Perusahaan pemilik Kapal Ever Given mendapat tuntutan ganti rugi dari berbagai perusahaan lain yang terkena kerugian akibat insiden yang terjadi.

4). April 2021

Latihan Parade di Pyongyang, Korea Utara

Satelit WorldView-2 pada 8 April 2021 merekam kenampakan formasi manusia di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Korea Utara, yang membentuk sebuah kalimat yang jika diartikan menjadi “Dorong dengan Segala Cara”.

Citra Satelit WorldView-2 Memperlihatkan Formasi Manusia yang Membentuk Sebuah Kalimat di Lapangan Kim Il Sung - Tanggal Perekaman 8 April 2021

Citra Satelit WorldView2 Memperlihatkan Formasi Manusia yang Membentuk Sebuah Kalimat di Lapangan Kim Il Sung Tanggal Perekaman 8 April 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Diperkirakan peristiwa tersebut merupakan persiapan menyambut hari ulang tahun ke 109 dari pendiri Korea Utara yang sekaligus kakek dari Kim Jong Un yakni Kim Il Sung, yang jatuh sepekan kemudian.

5). Mei 2021

  • Perlawanan Hamas terhadap Israel

Kebiadaban negara zionis dan penjajah, Israel, mendapat perlawanan dari Hamas, melalui pertempuran selama 11 hari pada bulan Mei 2021 di Jalur Gaza.

Peperangan yang terjadi mengakibatkan lebih dari 200 orang harus meregang nyawa dan 1600 orang lainnya mengalami luka-luka, yang hampir sebagian besarnya merupakan rakyat Palestina yang berada di Jalur Gaza.

Citra satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan berbagai infrastruktur yang mengalami kehancuran akibat konfrontasi tersebut.

Citra Satelit WorldView-2 Memperlihatkan Gedung di Kota Gaza yang Mengalami Kehancuran Setelah Mendapat Serangan Udara dari Militer Israel - Tanggal Perekaman 12 Mei 2021

Citra Satelit WorldView2 Memperlihatkan Gedung di Kota Gaza yang Mengalami Kehancuran Setelah Mendapat Serangan Udara dari Militer Israel Tanggal Perekaman 12 Mei 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit GeoEye-1 Memperlihatkan Kepulan Asap Hitam yang Berasal dari Tanki Penyimpanan Gas Milik Israel Akibat Terkena Serangan Udara dari Hamas - Tanggal Perekaman 12 Mei 2021

Citra Satelit GeoEye1 Memperlihatkan Kepulan Asap Hitam yang Berasal dari Tanki Penyimpanan Gas Milik Israel Akibat Terkena Serangan Udara dari Hamas Tanggal Perekaman 12 Mei 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

  • Runtuhnya Darwins Arch

Formasi batuan ikonik yang terkenal di Kepulauan Galapagos, Darwin’s Arch (Gapura Darwin), runtuh pada tanggal 17 Mei 2021.

Citra Satelit GeoEye-1 memperlihatkan kondisi sebelum dan sesudah peristiwa tersebut terjadi:

Citra Satelit GeoEye-1 Sebelum (Tanggal Perekaman 16 Mei 2021) dan Sesudah (Tanggal Perekaman 19 Mei 2021) Peristiwa Runtuhnya Darwin’s Arch

Citra Satelit GeoEye1 Sebelum (Tanggal Perekaman 16 Mei 2021) dan Sesudah (Tanggal Perekaman 19 Mei 2021) Peristiwa Runtuhnya Darwin’s Arch
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Dari citra satelit di atas, terlihat pada tanggal perekaman 19 Mei 2021, lengkungan bagian atas Darwin’s Arch sudah tidak ada lagi dan hanya menyisakan dua batu besar di bagian sisi sebagai penopangnya.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Lingkungan dan Air Ekuador, penyebab runtuhnya Darwin’s Arch karena konsekuensi erosi alam yang menerjang bebatuan tersebut.

Darwin’s Arch yang dinamakan sesuai nama ilmuwan terkenal, Charles Darwin, merupakan salah satu situs terbaik dunia untuk mengamati kehidupan bawah laut, terutama untuk melihat gerombolan Hiu Martil.

6). Juni 2021

  • SpaceX Siap Membawa Satelit SXM8 ke Luar Angkasa

Satelit SXM-8 yang dibuat oleh perusahaan Maxar Technologies untuk perusahaan SiriusXM, meluncur ke luar angkasa menggunakan roket peluncur SpaceX Falcon 9, pada tanggal 6 Juni 2021.

Satelit WorldView-3 merekam kondisi sehari sebelum peluncuran dilakukan, yang bertempat di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Citra Satelit WorldView-3 Memperlihatkan Roket Peluncur SpaceX Falcon 9 di SLC 40 Cape Canaveral yang Membawa Satelit SXM-8 - Tanggal Perekaman 5 Juni 2021 (Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView3 Memperlihatkan Roket Peluncur SpaceX Falcon 9 di SLC 40 Cape Canaveral yang Membawa Satelit SXM8 Tanggal Perekaman 5 Juni 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Pengambilan citra dilakukan sangat miring (oblique) oleh Satelit WorldView-3, sehingga kita dapat melihat posisi roket dari samping.

  • Kebakaran Kapal Kargo MV XPress Pearl di Sri Lanka

Kapal kargo MV X-Press Pearl yang memuat plastik, bahan kimia, serta berbagai barang berbahaya lainnya, mengalami kebakaran di lepas pantai barat negara Sri Lanka, pada tanggal 20 Mei 2021.

Citra Satelit GeoEye-1 tanggal perekaman 22 Mei 2021, memperlihatkan kepulan asap hitam yang membumbung ke angkasa, serta masih terlihat kobaran api dari kapal tersebut. Tampak juga dari citra satelit, terdapat beberapa kapal yang tengah berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi.

Citra Satelit GeoEye1 Memperlihatkan Kebakaran yang Terjadi pada Kapal MV XPress Pearl Tanggal Perekaman 22 Mei 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Setelah 12 hari mengalami kebakaran, akhirnya kapal tersebut ditenggelamkan ke laut dalam, selepas upaya pemadaman dan penarikan kapal dari lautan sudah dilakukan sebelumnya.

Akibat peristiwa tersebut, lautan tercemar bahan kimia yang berbahaya serta pelet plastik yang membanjiri area sekitar pantai, seperti yang diperlihatkan Citra Satelit WorldView-1 di bawah ini:

Citra Satelit WorldView1 di Sekitar Pantai Negombo, Sri Lanka Tanggal Perekaman 1 Juni 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView-1 yang mempunyai tampilan warna hitam putih, memperlihatkan objek berwarna putih berjumlah sangat banyak berada di laut dekat Pantai Negombo, Sri Lanka, yang merupakan pelet plastik hasil tumpahan kapal MV X-Press Pearl.

Pemerintah dan Angkatan Laut Sri Lanka, menyebut peristiwa ini merupakan bencana laut terburuk yang pernah menimpa Sri Lanka.

***

Kilas balik berbagai peristiwa menarik pada tahun 2011 yang terekam satelit observasi bumi dari perusahaan Maxar Technologies, untuk bagian pertama telah selesai. Tunggu postingan kami selanjutnya untuk bagian keduanya yang tidak akan kalah menariknya.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

2). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

3). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

4). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

5). [Tutorial] Menghitung Volume Data Raster Menggunakan QGIS

Author: Map Vision IndonesiaMap Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya. Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari berbagai vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
%d bloggers like this: