Map Vision Indonesia

Pengolahan Citra Penginderaan Jauh

Pahami Teori & Praktik Penginderaan Jauh secara Mudah, Sederhana, dan Terstruktur, melalui E-book Premium Pengolahan Citra Penginderaan Jauh

Silahkan Anda jawab pertanyaan berikut:

1). Apakah saat ini Anda baru mau mempelajari ilmu Penginderaan Jauh (Remote Sensing)?

2). Apakah Anda ingin memahami konsep Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dengan mudah dan sederhana?

3). Apakah Anda ingin menguasai software untuk mengolah data Penginderaan Jauh (Remote Sensing)?

 

Jika jawabannya adalah: IYA

Selamat, Anda sudah berada di tempat yang tepat, karena Anda dapat memahami teori dan praktik Penginderaan Jauh (Remote Sensing) secara mudah, sederhana, dan terstruktur, melalui E-book Premium Pengolahan Citra Penginderaan Jauh.

 

 

Penginderaan Jauh & E-book Premium Pengolahan Citra Penginderaan Jauh

Penginderaan Jauh secara sederhananya merupakan proses pengumpulan informasi pada suatu area pada jarak tertentu menggunakan sebuah wahana.

Wahana yang populer saat ini digunakan untuk memperoleh data Penginderaan Jauh yakni drone/UAV serta satelit.

Aplikasi Penginderaan Jauh saat ini sudah merambah ke hampir semua sektor kehidupan, dan semakin populer semenjak diperbolehkannya penggunaan satelit observasi bumi yang dapat menghasilkan citra dengan resolusi spasial sangat tinggi untuk kepentingan umum secara komersial, serta beberapa data citra satelit resolusi menengah yang dapat diperoleh secara gratis seperti Landsat dan Sentinel.

Oleh karena begitu bermanfaatnya ilmu Penginderaan Jauh, maka pemahaman tentang ilmu Penginderaan Jauh beserta penguasaan software untuk mengolah data Penginderaan Jauh menjadi hal yang penting untuk dikuasai, terutama bagi mereka yang berkecimpung pada sektor-sektor seperti pertambangan, perkebunan, minyak dan gas, tata ruang, serta berbagai sektor lainnya yang terbiasa menggunakan data Penginderaan Jauh.

Untuk membantu Anda memahami konsep Penginderaan Jauh dan terutamanya penguasaan software pengolahan data Penginderaan Jauh khususnya data citra satelit, baik yang menggunakan sensor pasif (sumber tenaga wahana dari matahari) dan sensor aktif (sumber tenaga wahana berasal dari wahana itu sendiri), maka kami menghadirkan e-book Pengolahan Citra Penginderaan Jauh.

Pada e-book ini, Anda akan menggunakan data Citra Satelit Landsat 8 sebagai contoh pengolahan data Penginderaan Jauh dengan menggunakan sensor pasif, dan data LiDAR sebagai contoh pengolahan data Penginderaan Jauh dengan menggunakan sensor aktif.

E-book ini dibuat dengan bahasa yang sederhana, dan dirancang secara terstruktur, sehingga akan mudah dimengerti bahkan bagi Anda yang baru mau belajar teori dan praktik terkait Penginderaan Jauh.

Apa saja yang akan Anda pelajari setelah Anda memiliki E-book ini?, berikut uraiannya:

1). Dasar Penginderaan Jauh (Remote Sensing)

Pada bab awal ini, Anda akan belajar mengenai konsep Penginderaan Jauh (Remote Sensing) secara garis besarnya. Mulai dari memahami pengertian Penginderaan Jauh, mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan data Penginderaan Jauh, mengenal sumber energi wahana (dalam hal ini satelit), mengetahui sensor dan band pada citra satelit, serta memahami konsep resolusi dalam Penginderaan Jauh.

 

2). Interface ENVI 5.1

Software yang akan Anda pelajari untuk mengolah data Penginderaan Jauh pada e-book ini yaitu ENVI 5.1 - salah satu software yang sangat powerfull dalam pengolahan data Penginderaan Jauh. Oleh karena itu, sebelum menggunakan software ini lebih lanjut dalam pengolahan data Penginderaan Jauh, maka pada bab ini Anda terlebih dahulu akan mempelajari tampilan antar muka (interface) software ENVI 5.1.

3). Pixel Value Pada Citra

Pada bab ini, Anda akan belajar memahami nilai piksel (pixel value) dari sebuah data citra Penginderaan Jauh, melakukan identifikasi nilai piksel,  menghitung statistik citra satelit untuk melihat sebaran distribusi piksel dalam citra satelit, serta berbagai hal lain yang terkait nilai piksel dalam citra satelit dengan menggunakan software ENVI.

4). Pre Processing (Landsat)

Contoh data Penginderaan Jauh yang digunakan dalam e-book ini yaitu data Citra Satelit Landsat 8 - salah satu data citra satelit yang saat ini dapat kita peroleh secara gratis. Sebelum data Citra Satelit Landsat 8 ini dapat kita analisis lebih lanjut, maka data tersebut harus dilakukan proses pre-processing mulai dari Kalibrasi Radiometrik, Koreksi Radiometrik, Dark Pixel Correction, Koreksi Awan Tipis, dan Koreksi Geometrik.

5). Memotong Citra

Pada bab ini, Anda akan mempelajari cara memotong citra sesuai dengan Area of Interest (AoI) yang Anda miliki, atau dengan sebuah data vektor berbentuk kotak, atau sebuah data raster. Pemotongan dilakukan supaya kita mendapatkan tampilan citra sesuai dengan fokus area yang kita ingin analisis.

6). Penajaman Citra

Pada data Citra Satelit Landsat 8 yang termasuk pada band-band hasil perekaman sensor Operational Land Manager (OLI)  terdapat band pankromatik yang mempunyai resolusi spasial 15 meter, sedangkan band-band lainnya mempunyai resolusi spasial 30 meter. Untuk mendapatkan tampilan dengan resolusi spasial 15 meter pada band-band multispektral hasil dari komposit, maka diperlukan proses Penajaman Citra (Pansharp) dengan band pankromatik yang mempunyai resolusi spasial 15 meter. Pada bab ini, Anda akan mempelajari cara  melakukan Pansharp tersebut beserta proses Penajaman Spektral.

7). Klasifikasi Citra

Pada bab ini, Anda akan belajar melakukan pengelompokkan piksel-piksel pada data citra satelit ke dalam sejumlah kelas, sehingga nantinya akan didapatkan sebuah peta yang mudah dipahami oleh semua orang.

8). Uji Akurasi Hasil Klasifikasi

Setelah mempelajari cara melakukan klasifikasi citra, maka pada bab ini, Anda akan mempelajari cara melakukan uji akurasi terhadap hasil klasifikasi tersebut.

9). Export Raster (Class Image) To Vektor

Pada bab ini, Anda akan belajar melakukan konversi data citra satelit hasil klasifikasi menjadi data vektor.

10). Aplikasi Band Math

Pada bab ini, Anda akan belajar cara melakukan transformasi citra atau aplikasi band ratio. Anda akan berlatih menggunakan beberapa rumus algoritma untuk melakukan transformasi nilai piksel pada citra sehingga nilai piksel tersebut menghasilkan informasi seperti angka indeks vegetasi dan nilai suhu permukaan darat.

11). LiDAR

Setelah pada bab-bab sebelumnya Anda belajar mengenai pengolahan data Penginderaan Jauh hasil perekaman sensor pasif (menggunakan sumber tenaga yang berasal dari matahari), maka pada bab ini Anda akan mempelajari konsep salah satu data Penginderaan Jauh yang menggunakan sensor aktif (menggunakan sumber tenaga yang berasal dari satelit itu sendiri) yakni data Light Detection and Ranging (LiDAR).

12). Pengolahan Data LiDAR

Sesudah Anda mempelajari apa itu LiDAR pada bab sebelumnya, pada bab ini Anda akan mulai belajar mengolah data LiDAR.

13). Feature Extraction Data LiDAR

Pada bab ini, Anda akan mempelajari cara melakukan proses klasifikasi data hasil olahal LiDAR ke dalam beberapa obyek.

Total 13 bab dengan 259 halaman disajikan pada e-book ini, yang akan memberi manfaat besar bagi Anda yang ingin memahami teori dan praktik terkait ilmu Penginderaan Jauh secara mudah, sederhana, dan terstruktur.

BookCover_1

INVESTASI

Dengan manfaat besar berupa pemahaman terhadap konsep Penginderaan Jauh dan penguasaan software pengolahan citra Penginderaan Jauh, Anda hanya cukup berinvestasi sebesar Rp. 69.000 saja untuk memiliki e-book ini. Tidak lebih mahal dari biaya sekali nongkrong di cafe kekinian bukan?.

Dengan bentuknya yang berupa e-book, Anda dapat mempelajarinya kapan saja  dan dimana saja melalui gadget yang Anda miliki.

N.B.:
Biaya investasi sewaktu-waktu dapat naik, oleh karena itu amankan e-book ini pada biaya saat ini.

BONUS

10 E-book Tutorial QGIS dan ArcGIS yang pernah Map Vision buat senilai Rp. 200.000

Testimoni

E-book yang pernah dibeli (termasuk e-book Pengolahan Citra Penginderaan Jauh) dan e-book e-book gratis yang pernah diakses atau dikirimkan via e-mail, membantu saya dalam pembelajaran mengenai Penginderaan Jauh, khususnya pengolahan data penginderaan jauh menggunakan software ArcGIS.

Dengan background saya yang bukan berasal dari Geografi, e-book e-book tersebut juga telah membantu meningkatkan kemampuan saya untuk mengolah data, terutamanya menggunakan QGIS dan ArcGIS, karena tutorial yang terdapat pada e-book mudah dimengerti dan diikuti, serta admin Map Vision yang ramah dan bisa japri tentang masalah Penginderaan Jauh yang tidak kita tau. Pokoknya Map Vision the best lah!!!.

Harapannya nanti mungkin ada tutorial menggunakan ER Mapper dan software-software geospasial lainnya.

Yurzam Abdillah

Yurzam Abdillah
Mahasiswa Tingkat Akhir, Jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Yogyakarta (ITY)

E-book-nya sangat baik, mudah dipahami, dan substansinya sangat menarik.

Semoga ke depan ada lagi e-book e-book terbitan terbarunya. Insya Allah saya mau beli lagi.

Randy

Randy Obertias
PT. Delineasi Rupabumi Indonesia

E-book Pengolahan Citra Penginderaan Jauh yang dijual oleh Map Vision sangat terperinci sekali dan mudah dipahami tahap demi tahap dalam pengolahan data Penginderaan Jauh.

E-book ini sangat membantu saya dalam pekerjaan yang saya kerjakan saat ini.

Adeng

Adeng Sapari Haris
Manajer Perencanaan GIS IUPHHK PT
. Bina Balantak Raya (Palu, Sulawesi Tenggara)

E-book yang saya pelajari dari Map Vision membuat saya mengetahui berbagai hal terkait Penginderaan Jauh yang sebelumnya saya belum ketahui.

Willyam

Willyam
Mahasiswa Jurusan Geografi di Universitas Halu Oleo, Kendari

Terima kasih Map Vision untuk e-book Pengolahan Citra Penginderaan Jauh, mudah dimengerti dan sangat bermanfaat.

Waluyo Sugito

Waluyo Sugito
GIS Analyst di Zoological Society of London (ZSL), Jambi

E-book ini sangat membantu saya dalam menerapkan penginderaan jauh khususnya pengolahan citra satelit dalam mendukung pekerjaan saya.

Jance

Jance H. Wader
GIS Specialist di Kesatuan Pengelolaan Hutan Kab. Biak Numfor 

E-book Pengolahan Citra Penginderaan Jauh dan e-book e-book seputar GIS dan Penginderaan Jauh dari Map Vision sangat bervariasi dan bermanfaat  dalam praktik dan analisis kajian geospasial di beberapa bidang ilmu seperti lingkungan hidup dan kehutanan, pertambangan, sosial ekonomi, perencanaan wilayah dan geografi.

E-book e-book dari Map Vision sangat praktis sekali sehingga dapat langsung dipraktikkan dan sesuai dengan isu-isu dan permasalahan kajian yang sedang kita gunakan.

E-book e-book dari Map Vision sangat saya rekomendasikan dalam mendukung pelatihan analisis RS & GIS. Salam Spasial.

Agung Nugroho Zaini

Agung Nugroho Zaini
Staf di Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kota Pariaman

Ciri khas dari e-book e-book yang dibuat dan atau dijual oleh pihak Map Vision adalah bahasanya yang sederhana dengan penjabaran yang mendetail, sehingga bagi yang baru belajar mempelajari software-software geospasial seperti saya, dapat dengan mudah saya ikuti dan praktikkan. Terima kasih Map Vision. Ditunggu untuk e-book e-book lainnya dan pelatihan lainnya.

Fitri Yani

Fitri Yani
Guru Geografi di SMU Tut Wuri Handayani, Kota Cimahi

Bagaimana Cara Order E-book?

Anda dapat order e-book dengan menekan tombol Order Sekarang, yang akan langsung terhubung menuju nomor WhatsApp (WA) admin kami.

Jika Anda tidak mempunyai nomor WA, Anda dapat order dengan cara SMS atau telepon ke nomor 0878 2292 5861 atau dapat melalui e-mail di ebook.mapvision@gmail.com

WhatsApp chat
%d bloggers like this: