Map Vision Indonesia

Cara Praktis Menghitung Luasan Kelas Kemiringan Lereng

Pelajari secara Detail dan Mudah Cara Menghitung Luasan Kelas Kemiringan Lereng (Slope)

Kini Anda dapat dengan mudah menghitung luasan kelas kemiringan lereng (slope) menggunakan ArcGIS, melalui langkah-langkah pengerjaan yang detail, dengan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga tidak menyulitkan bahkan bagi Anda yang masih baru memakai ArcGIS

Kemiringan lereng (slope) menunjukkan besarnya sudut yang terbentuk dari perbedaan ketinggian pada sebuah bentang alam, yang biasanya disajikan dalam satuan persentase atau derajat.

Kemiringan lereng dapat diperoleh salah satunya melalui pengolahan data Digital Elevation Model (DEM).

DEM sendiri merupakan data topografi digital yang dihasilkan oleh berbagai wahana penginderaan jauh, mulai dari satelit dengan sensor pasif dan aktif, drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV), serta beragam wahana lainnya.

Saat ini, data DEM dapat diperoleh melalui pembelian atau menggunakan data yang telah tersedia secara gratis dan bebas untuk digunakan seperti DEM SRTM dan ALOS World 3D dengan resolusi spasial 30 meter, atau yang paling baru saat ini dengan resolusi spasial lebih tinggi lagi yakni DEMNAS dengan resolusi spasial 8 meter.

Manfaat penggunaan data kemiringan lereng dapat Anda gunakan misalnya untuk:

1). Mengetahui tingkat kemiringan sebuah wilayah;

2). Identifikasi wilayah yang rawan banjir dan longsor;

3). Mengetahui wilayah yang cocok untuk pembangunan suatu kawasan;

serta banyak lainnya.

Oleh karenanya mengetahui cara mendapatkan data kemiringan lereng dari data DEM akan sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan/project/tugas yang terkait akan hal tersebut.

 

Setelah Anda memiliki e-book ini, Anda akan mempelajari:

1
). Bagaimana cara mendapatkan data kemiringan lereng (slope) dari sebuah data Digital Elevation Model (DEM)
;

2). Bagaimana cara melakukan klasifikasi kelas kemiringan lereng dari data kemiringan lereng yang telah Anda buat sebelumnya;

3). Bagaimana cara merubah data kemiringan lereng yang masih berupa data raster menjadi data vektor berbentuk poligon, supaya luasannya dapat diketahui;

4). Bagaimana cara menghitung luasan masing-masing kelas kemiringan lereng dalam satuan kilometer persegi (km2), meter persegi (m2), hektar (ha), ataupun satuan luas lainnya;

5). Bagaimana cara menghitung luasan total masing-masing kelas kemiringan lereng serta luasan total seluruh kelas kemiringan lereng menggunakan bantuan software Microsoft Excel.

Anda akan dapat dengan dengan mudah memahami langkah demi langkah pengerjaan dalam ebook ini, karena kami membuat tutorial ini secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru mengenal dunia pemetaan. Kalaupun ternyata, terdapat bagian yang kurang Anda mengerti pada e-book ini, tenang saja, kami akan membantu Anda sampai paham.

Mungkin setelah kami menginformasikan hal ini, ada yang berpikir seperti ini: Ah, Saya belum butuh ebook ini karena belum ada project atau pekerjaan atau tugas di kampus terkait perhitungan luasan kelas kemiringan lereng tersebut, jadi buat apa Saya membeli ebook tersebut?.

Nah, bagaimana kalau keadaannya dibalik. Bagaimana jika tiba-tiba terdapat penawaran untuk mengerjakan sebuah proyek, atau pekerjaan, ataupun tugas terkait perhitungan kelas kemiringan lereng, dan Anda melewatkan proyek itu di depan mata Anda, atau Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas Anda, karena tidak mengetahui ilmu-nya, maka berapa besar kerugian yang akan Anda alami. Jangan sampai itu terjadi kepada Anda.

Perhitungan Luasan Kelas Kemiringan Lereng

Hanya dengan investasi sebesar Rp. 35 ribu saja (setara dengan satu gelas kopi pada gerai kopi ternama), Anda akan mendapatkan ilmu terkait data kemiringan lereng, penggunaan beragam tool pada software ArcGIS, serta manfaat besar berupa upgrade kemampuan Anda di bidang pemetaan atau bidang terkait lainnya.

Dengan bentuknya yang berupa e-book, Anda dapat mempelajarinya kapan saja dan dimana saja, menggunakan gadget yang Anda miliki.

P.S.:
Harga sewaktu-waktu dapat naik, oleh karenanya miliki e-book pada harga yang berlaku saat ini.

BONUS 5 E-BOOK SENILAI Rp. 75 RIBU

5 E-book tutorial, yaitu:

1). Membuat Kemiringan Lereng (Slope) di QGIS;

2). Membuat Tampilan 3D Data Citra Satelit Menggunakan QGIS;

3). Membuat Animasi Tampilan 3D Data Citra Satelit Menggunakan QGIS;

4). Menggabungkan data DEMNAS di ArcGIS;

5). Export Multiple Layout ke Format JPEG secara Sekaligus di ArcGIS.

TESTIMONI MEREKA TENTANG E-BOOK DARI MAP VISION INDONESIA

Alhamdulilah melalui tutorial dari MAP VISION INDONESIA yang rinci dan disertai screenshot tahap-tahapannya, sangat membantu kami dalam menyelesaikan masalah.

Dedy Syarifudin, ST
PNS di Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Purworejo, Jawa Tengah

 

 

E-book yang berbayar maupun yang gratis dari MAP VISION INDONESIA selalu dibuat secara detail, dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga memudahkan saya yang baru belajar terkait bidang pemetaan.

Fitri Yani, S.Pd
Guru Geografi di SMA Tut Wuri Handayani, Kota Cimahi

 

Syukur Alhamdulillah mendapatkan kesempatan membaca e-book dari MAP VISION INDONESIA. Materi e-book yang dituliskan mudah dipahami sehingga saat mempraktikkannya tidak mengalami kesulitan.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada MAP VISION INDONESIA, berkat e-book yang diberikan saya dapat menyelesaikan project yang tengah saya kerjakan dengan cepat.

Septiana Putri
D3 Sumber Daya Lahan dan Lingkungan
Politeknik Negeri Lampung

 

Dengan sistematis, penulis mampu mengarahkan pembaca/peneliti untuk memahami dan mempelajari Penginderaan Jauh meskipun tidak memiliki basic Geografi.

Bagi saya pribadi, e-book ini sangat membantu dalam tugas keseharian di Badan Penanggulangan Bencana Daerah maupun Riset Pengelolaan Sumberdaya Alam. Semangat....

Muhamad Eko Ardiyanto
Badan Penanggulangan Bencana Daerah & Riset Pengelolaan Sumber Daya Alam

BAGAIMANA CARA ORDER E-BOOK?

Silahkan klik tombol Order Sekarang, yang akan terhubung langsung menuju WA admin kami, pada nomor WA: 0878 2292 5861

Jika Anda tidak memiliki nomor WA, Anda dapat order via telepon langsung ke nomor: 0878 2292 5861, atau e-mail ke: ebook.mapvision@gmail.com

GARANSI

Jika ternyata terdapat bagian yang Anda kurang pahami dari e-book, silahkan bertanya pada nomor WA berikut: 0878 2292 5861 atau e-mail ke: ebook.mapvision@gmail.com

DAPATKAN E-BOOK PREMIUM KAMI LAINNYA

Dapatkan e-book premium kami lainnya yang berjudul: Pengolahan Citra Penginderaan Jauh.

E-book buat Anda yang ingin mempelajari penginderaan jauh (remote sensing) dengan terstruktur, sistematis, dan mudah untuk dipahami.

Informasi lebih lanjut, klik gambar e-book di bawah ini:

 

 

PAKET BUNDLE E-BOOK PREMIUM (LEBIH HEMAT)

Dapatkan harga yang lebih hemat untuk pembelian 2 e-book premium kami secara langsung, dengan hanya investasi sebesar Rp. 85 ribu saja (dari harga Rp. 104 ribu - Anda hemat Rp. 19 ribu).

Klik tombol Order Sekarang di bawah untuk pembelian secara bundle.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: