Map Vision Indonesia

Peristiwa Menarik Tahun 2021 yang Terekam Satelit dari Maxar Technologies (Bagian 2)

(Last Updated On: January 26, 2022)

This slideshow requires JavaScript.

DAPATKAN CITRA SATELIT DARI MAXAR TECHNOLOGIES DENGAN KUALITAS TERBAIK & HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0878 2292 5861 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Pada postingan bagian pertama, kita telah melihat sederet peristiwa menarik tahun 2021 yang terjadi hingga bulan Juni 2021. Untuk postingan bagian kedua ini, kita akan menyaksikan beragam kejadian luar biasa lainnya yang terjadi dari bulan Juli hingga Desember 2021.

7). Juli 2021

  • Kebakaran Besar di Idaho, Amerika Serikat

Kebakaran besar melanda berbagai negara bagian di Amerika Serikat sepanjang tahun 2021, yang salah satunya menerjang Idaho. Kebakaran dahsyat yang merupakan bagian dari kebakaran yang diberi nama “Dixie” ini, dipicu oleh serangkaian petir yang terjadi pada tanggal 5 dan 6 Juli 2021.

Citra Satelit WorldView-3 tanggal perekaman 14 Juli 2021 merekam kenampakan sebuah wilayah di Idaho yang dilahap api, seperti terlihat di bawah ini:

Citra Satelit Kebakaran di Idaho, Amerika Serikat

Citra Satelit WorldView3 Warna Natural (Sebelah Kiri) dan Penggunaan Band SWIR (Sebelah Kanan) di Wilayah yang Terbakar di IdahoTanggal Perekaman 14 Juli 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tampilan Citra Satelit WorldView-3 warna natural memperlihatkan kepulan asap hasil kebakaran yang terjadi di Idaho, sedangkan tampilan Citra Satelit WorldView-3 dengan penggunaan band Shortwave Infrared (SWIR) menunjukkan titik-titik api yang masih aktif serta area yang sudah terbakar.

Kebakaran yang terjadi di Idaho diperkirakan membakar lebih dari 20 ribu hektar lahan.

BACA JUGA:

1). Peristiwa Menarik Tahun 2021 yang Terekam Satelit dari Maxar Technologies (Bagian 1)

2). WorldDEM Neo: Produk DEM Terbaru dari Airbus Defence & Space dengan Resolusi 5 Meter

3). Satelit Pleaides Neo 4 Berhasil Mengangkasa

4). Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH)

5). Penginderaan Jauh

  • Olimpiade di Tokyo, Jepang

Setelah mengalami penundaan selama setahun karena pandemi, akhirnya Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, berhasil dilaksanakan.

Citra Satelit GeoEye-1 tanggal perekaman 24 Juli 2021, memperlihatkan Shiokaze Park yang merupakan venue yang digunakan untuk cabang olahraga voli pantai.

Citra Satelit Olimpiade di Tokyo, Jepang

Citra Satelit GeoEye1 Memperlihatkan Venue Shiokaze Park dan Monumen Cincin Olimpiade Tanggal Perekaman 24 Juli 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Selain venue Shiokaze Park, pada citra satelit di atas terlihat monumen cincin olimpiade yang sedang diangkut oleh sebuah tongkang.

Monumen Cincin Olimpiade Berada di Sebuah Tongkang dan Ditempatkan di Tepian Pantai Hingga Gelaran Olimpiade Selesai Dilaksanankan
(Image Copyright: AP Photo/Eugene Hoshiko)

Ajang olahraga multicabang yang diselenggarakan dari tanggal 27 Juli hingga 8 Agustus 2021 ini, menempatkan Amerika Serikat sebagai juara umum dengan raihan 39 medali emas, sedangkan tuan rumah Jepang berada di urutan 3 dengan capaian 27 medali emas. Indonesia sendiri berada di peringkat 55, dengan raihan 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.

  • Banjir Besar Melanda Jerman

Jerman serta hampir seluruh negara Eropa Barat lainnya mengalami terjangan banjir terparah dalam beberapa dekade terakhir yang terjadi pada bulan Juli 2021.

Wilayah Schuld yang termasuk dalam negara bagian Rheinland-Pfalz merupakan wilayah pertama dan menjadi salah satu wilayah paling parah yang dilanda banjir.

Kenampakan salah satu bagian dari wilayah Schuld sebelum dan sesudah dihantam banjir, dapat dilihat pada citra satelit berikut:

Citra Satelit Sebelum Banjir di Jerman

Citra Satelit WorldView3 di Wilayah Schuld Sebelum Banjir Melanda Tanggal Perekaman 1 Juli 2018
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit Setelah Banjir di Jerman

Citra Satelit GeoEye1 di Wilayah Schuld Setelah Banjir MelandaTanggal Perekaman 18 Juli 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit setelah banjir melanda, berbagai bangunan dan rumah penduduk luluh lantak, jembatan hancur, serta lumpur serta berbagai puing-puing menutupi jalanan dan berbagai area lainnya.

Cuaca ekstrem yang diyakini karena efek perubahan iklim, menjadi penyebab terjadinya banjir besar ini. Curah hujan sangat tinggi melebihi kapasitas tampung Sungai Ahr, sehingga terjadi luapan yang menerjang wilayah yang dilalui sungai dengan panjang 89 km tersebut.

8). Agustus 2021

  • Kekacauan di Bandara Kabul

Taliban mengambil alih tampuk kekuasaan di Afghanistan, yang dimulai dengan memasuki Ibu Kota, Kabul, pada tanggal 15 Agustus 2021, yang membuat Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, kabur dari negaranya sendiri.

Setelahnya, Amerika Serikat beserta sekutunya, menarik pasukan dan warganya yang berada di Afghanistan, setelah 20 tahun melakukan invasi terhadap negara berjuluk Kuburannya Para Penguasa. Warga Afghanistan yang tidak ingin dipimpin Taliban pun melarikan diri, salah satunya ikut serta dengan pesawat yang disediakan oleh pihak Amerika Serikat.

Suasana yang tampak kacau akibat kepanikan berbagai pihak yang ingin keluar dari Afghanistan melalui jalur udara, terlihat dari citra satelit berikut ini:

Citra Satelit WorldView3 di Apron Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan Tanggal Perekaman 16 Agustus 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kerumunan orang dalam jumlah besar (objek tampak berwarna hitam dari citra satelit) tampak memadati area apron bandara, yang berharap segera dapat menaiki pesawat dan keluar dari Afghanistan.

Citra Satelit Bandara Internasional Hamid Karzai di Afghanistan

Citra Satelit WorldView3 di Apron Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan Tanggal Perekaman 23 Agustus 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Berbeda dengan citra satelit sebelumnya, pada citra satelit yang kedua ini, tampak kerumunan orang yang hendak meninggalkan Afghanistan terlihat seperti dibuat dalam beberapa kelompok, sehingga terlihat lebih rapi.

Citra Satelit WorldView3 di Sekitar Abbey Gate Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan Tanggal Perekaman 23 Agustus 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kerumunan orang tampak memenuhi bagian tepi sebelah timur Abbey Gate Bandara Internasional Hamid Karzai yang terekam oleh Citra Satelit WorldView-3 tanggal perekaman 23 Agustus 2021.

Secara keseluruhan warga negara dan pasukan Amerika Serikat dan sekutunya serta sebagian besar warga Afghanistan yang ingin meninggalkan negaranya, telah keluar dari Afghanistan per tanggal 30 Agustus 2021.

  • Badai Ida Terjang Amerika Serikat

Badai Ida yang masuk dalam kategori 4 (kecepatan 130 – 156 mph) menerjang wilayah Louisiana dan Mississippi, Amerika Serikat, pada tanggal 29 Agustus 2021, dan menyebabkan kerusakan parah pada wilayah yang dilaluinya.

Citra Satelit WorldView-2 dari Maxar Technologies, memperlihatkan tampilan sebelum dan sesudah wilayah yang terkena hantaman Badai Ida.

Citra Satelit Sebelum Badai Ida Menerjang Amerika Serikat

Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 22 November 2020 Memperlihatkan Kenampakan Lingkungan Barataria, Louisiana, Sebelum Badai Ida Menerjang
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit Sesudah Badai Ida Menerjang Amerika Serikat

Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 31 Agustus 2021 Memperlihatkan Kenampakan Lingkungan Barataria, Louisiana, Sebelum Badai Ida Menerjang
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit setelah Badai Ida menerjang, banyak rumah penduduk, bangunan, serta infrastruktur lainnya, mengalami kerusakan parah dan terendam banjir.

Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 9 Desember 2020 Memperlihatkan Kenampakan Lingkungan LaPlace, Louisiana, Sebelum Badai Ida Menerjang
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 31 Agustus 2021 Memperlihatkan Kenampakan Lingkungan LaPlace, Louisiana, Setelah Badai Ida Menerjang
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Rumah-rumah penduduk dan berbagai bangunan yang terdapat di lingkungan LaPlace, Louisiana, mengalami kehancuran setelah Badai Ida “mampir” di wilayah tersebut.

9). September 2021

  • Meletusnya Gunung Cumbre Vieja

Gunung berapi Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Spanyol, meletus pada 19 September 2021. Selama sepekan, gempa kerap terjadi di sekitar gunung tersebut, sebelum erupsi terjadi.

Citra Satelit WorldView-3 memperlihatkan pemandangan spektakuler dari kejadian meletusnya Gunung Cumbre Vieja yang terakhir kali terjadi 50 tahun yang lalu.

Citra Satelit Erupsi Gunung Cumbre Vieja

Citra Satelit WorldView3 Menunjukkan Lava Hasil Letusan Gunung Cumbre Vieja
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit WorldView-3 di atas memperlihatkan lava yang keluar dari kawah Gunung Cumbre Vieja bergerak menurun melewati desa dan berakhir di lautan. Citra satelit tersebut hasil penggabungan hasil perekaman tanggal 29 September 2021 dengan waktu perekaman diambil pada malam hari serta tanggal 17 Agustus 2021 dengan waktu perekaman dilakukan siang hari.

Citra Satelit WorldView-3 juga merekam kenampakan lava yang menyembur keluar dari kawah Gunung Cumbre Vieja, dimana perekamannya dilakukan pada malam hari, sehingga menghasilkan tampilan yang luar biasa.

Citra Satelit WorldView3 Menunjukkan Lava yang Keluar dari Kawah Gunung Cumbre Vieja Tanggal Perekaman 29 September 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Erupsi terjadi selama 70 hari, dan menyebabkan lebih dari 7000 penduduk sekitar harus meninggalkan kediamannya, ratusan rumah penduduk mengalami kerusakan, serta hancurnya lahan pertanian yang dilewati lava serta material lain hasil erupsi Gunung Cumbre Vieja.

  • Taman Nasional Yellowstone Catat Rekor Pengunjung Tertinggi

Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat merupakan taman nasional yang dianggap sebagai taman nasional pertama di Amerika Serikat dan juga di dunia, yang didirikan pada 1 Maret 1872.

Taman nasional yang terkenal dengan margasatwa serta fitur geotermalnya, terutama Geiser Old Faithfull ini, menjadi salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Pada bulan September 2021, Taman Nasional Yellowstone dikunjungi 882.078 pengunjung dan sekaligus mencatatkan akumulasi rekor pengunjung tertinggi dalam sejarah, dengan kunjungan lebih dari 4 juta orang selama setahun, atau meningkat 32 persen dibanding tahun 2020 dan 17 persen dibanding tahun 2019.

Citra Satelit WorldView-3 High Definition dengan resolusi spasial kelas 15 cm, merekam kenampakan Taman Nasional Yellowstone pada 27 September 2021, seperti ditunjukkan di bawah ini:

Citra Satelit Taman Nasional Yellowstone

High Definition Imagery Hasil Pengolahan Citra Satelit WorldView3 Memperlihatkan Kenampakan Taman Nasional Yellowstone Tanggal Perekaman 27 September 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Salah satu daya tarik terbesar dari Taman Nasional Yellowstone yaitu Grand Prismatic Spring yang berada di Midway Geyser Baysin Yellowstone – yang terletak di sebelah utara Old Faithfull.

Mata air terbesar ketiga di dunia tersebut, mempunyai air berwarna-warni seperti terlihat dari citra satelit di atas, yang disebabkan oleh keberadaan berbagai spesies Mikroba Archaea yang menempel pada bagian tepi, yang berkumpul bersama pada suhu yang berbeda, sehingga menghasilkan tampilan seperti pelangi.

10). Oktober 2021

  • Atlanta Braves Memenangkan Seri Dunia

Bisbol merupakan salah satu olahraga populer di Amerika Serikat terutama di bagian utara. Terdapat dua liga profesional dengan kasta tertinggi pada olahraga bisbol di Amerika Serikat yakni American League dan National League, yang berada di bawah naungan Major League Baseball (MLB).

Total terdapat 30 tim untuk dua liga tersebut, dengan 29 tim berasal dari Amerika Serikat dan 1 tim dari Kanada, yang dibagi ke dalam dua liga yang masing-masing berisi 15 tim.

Dari masing-masing liga dibuat tiga divisi yang dibagi berdasarkan letak geografis-nya yakni wilayah barat, tengah, dan timur.

Sebanyak 10 tim akan melaju ke fase playoff, dengan 6 tim merupakan pemenang dari masing-masing divisi, sedangkan 4 tim sisanya ditentukan berdasarkan rekor menang-kalah terbaiknya (wild card).

Terdapat empat tahap playoff yaitu:

1). Wild Card Game merupakan satu pertandingan penentuan antara  dua tim teratas masing-masing kompetisi (American League & National League) minus juara masing-masing divisi, yang ditentukan berdasarkan rekor menang-kalah serta memberlakukan tiebreaker.

Pemenang pertandingan ini akan masuk ke tahap playoff selanjutnya yaitu Division Series pada masing-masing kompetisi.

2). Division Series merupakan play off yang berisi 4 tim untuk masing-masing kompetisi yang terdiri dari 3 tim juara divisi pada masing-masing kompetisi ditambah pemenang pada tahap play off wild card.

Pada fase play off ini, berlaku format bestoffive, dimana pemenangnya akan masuk ke tahap play off Championship Series di liganya masing-masing.

3). Championship Series memberlakukan format bestofseven pada masing-masing liga, dimana pemenangnya akan masuk tahap final yakni World Series.

4). World Series merupakan pertandingan puncak pada kompetisi Major League Baseball (MLB), yang mempertemukan pemenang pada tahap play off Championship Series pada masing-masing liga.

Pada partai pamungkas ini, diberlakukan format bestofseven, untuk menentukan siapa juaranya.

Pemenang musim 2021 kompetisi MLB diraih oleh Atlanta Braves setelah mengalahkan Houston Astros dengan skor kumulatif 4-2.

Citra Satelit WorldView-3 perekaman malam hari, memperlihatkan kenampakan Stadion Truist Park yang merupakan kandang dari Atlanta Braves, pada game ke 5 yang kala itu dimenangkan tim tamu, Houston Astros.

Citra Satelit Stadion Truist Park

Citra Satelit WorldView3 Stadion Truist ParkTanggal Perekaman 31 Oktober 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

11). November 2021

  • China Membuat Kapal Perang dan Induk Tiruan Amerika Serikat

Citra satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan sebuah objek dengan bentuk seperti sebuah kapal induk dan kapal perang tiruan milik Amerika Serikat, pada sebuah rel yang berada di area Gurun Taklamakan yang ada di Xinjiang.

Bentuk kapal tiruan mempunyai skala 1:1 atau sesuai dengan yang sebenarnya, dengan struktur menyerupai kapal induk AS dan setidaknya dua kapal penghancur rudal kelas Arleigh Burke.

Citra Satelit Kapal Tiruan China

Kapal Tiruan yang Dibuat China Terlihat Berada Di Atas Sebuah Rel yang Digunakan untuk Memudahkan Perpindahan Kapal Tersebut Citra Satelit WorldView3 Tanggal Perekaman 20 Oktober 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

 

Terlihat dari Citra Satelit WorldView3 Kenampakan Kapal Induk Amerika Serikat kelas Gerald R. Ford Tiruan Tanggal Perekaman 20 Oktober 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Dari Hasil Perhitungan, Kapal Induk Tiruan Mempunyai Panjang 568 feet atau Hampir Mencapai 174 Meter
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kapal tiruan tersebut disinyalir sebagai upaya China untuk memiliki kemampuan membendung  serangan dari kapal perang, terutamanya dari pihak Amerika Serikat.

  • Rusia Mengerahkan Pasukan ke Wilayah Perbatasan dengan Ukraina

Rusia mengerahkan pasukannya secara rutin ke sepanjang wilayah perbatasan dengan Ukraina, yang dilakukan sejak pertengahan tahun 2021.

Diperkirakan lebih dari 100 ribu pasukan dengan kendaraan bersenjata, tank, dan juga rudal ‘Iskander’, “mengepung” Ukraina dari timur, utara, serta selatan.

Citra satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan pasukan Rusia yang tengah berada di wilayah dekat dengan perbatasan Ukraina:

Pengerahan Kelompok Tempur Militer Rusia di Area Latihan Pogonovo di Voronozeh, Rusia Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 26 November 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Pasukan Angkatan Darat Beserta Peralatan Perang Terlihat Berada di Sebuah Kamp Dekat Wilayah Yelnya, Rusia Citra Satelit GeoEye1 Tanggal Perekaman 9 November 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kamp Militer Rusia Lainnya Terlihat Berada di Noovozemoye, Crimea Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 18 Oktober 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tank, Artileri Gerak Sendiri, dan Kendaraan Lapis Baja Terlihat Berada di Area Latihan Crimea Citra Satelit WorldView3 Tanggal Perekaman 15 April 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Pesawat Tempur SU34 Berada di Pangkalan Udara Morozovsk Tanggal Perekaman 27 Maret 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Amerika Serikat dan sekutunya khawatir bahwa Rusia akan melakukan invasi terhadap Ukraina, dan mereka berjanji akan memberikan sanksi berat jika Rusia melakukan hal tersebut.

Konfilik antara Rusia dan Ukraina sudah berlangsung semenjak 2014, ketika pemimpin Ukraina yang pro terhadap Rusia digulingkan. Sejak saat itu, konfilik kian memanas hingga Rusia dan Ukraina seperti sudah di ambang peperangan.

12). Desember 2021

  • Tornado Dahsyat Hantam Amerika Serikat

 Tornado dahsyat melanda 8 negara bagian di wilayah selatan dan barat tengah Amerika Serikat, yang menyebabkan setidaknya lebih dari 100 orang harus kehilangan nyawanya. Kentucky menjadi negara bagian terparah yang diterjang oleh tornado tersebut.

Para ilmuwan mengkhawatirkan bahwa tornado mengerikan tersebut akan lebih sering terjadi, yang merupakan dampak dari perubahan iklim.

Citra satelit dari Maxar Technologies berikut ini memperlihatkan kondisi bangunan sebelum dan sesudah tornado melanda wilayah yang dilaluinya:

Citra Satelit Sebelum Tornado Dahsyat Menerjang Amerika Serikat

Kenampakan Pabrik Pembuatan Lilin dan Infrastruktur di Sekitarnya di Mayfield, Kentucky, Sebelum Tornado Menerjang Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 28 Januari 2017
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit Setelah Tornado Dahsyat Menerjang Amerika Serikat

Kenampakan Pabrik Pembuatan Lilin dan Infrastruktur di Sekitarnya di Mayfield, Kentucky, yang Luluh Lantak Setelah Diterjang Tornado Citra Satelit WorldView3 Tanggal Perekaman 11 Desember 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kenampakan Gudang Amazon dan Infrastruktur di Sekitarnya di Edwardsville, Illinois, Sebelum Tornado Menerjang Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 24 September 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kenampakan Gudang Amazon dan Infrastruktur di Sekitarnya di Edwardsville, Illinois, yang Mengalami Kerusakan Berat Setelah Diterjang Tornado Citra Satelit WorldView1 Tanggal Perekaman 11 Desember 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

  • Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru yang berada di Kab. Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada 4 Desember 2021.

Akibat letusan tersebut, lebih dari 10 ribu orang harus mengungsi, 51 orang meninggal dunia, serta berbagai bangunan dan infrastruktur luluh lantak.

Citra satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan kenampakan wilayah Dusun Curah Kobokan yang merupakan wilayah yang paling parah terdampak, sebelum dan sesudah erupsi terjadi:

Citra Satelit Sebelum Erupsi Gunung Semeru

Kenampakan Dusun Curah Kobokan Sebelum Erupsi Terjadi Citra Satelit GeoEye1 Tanggal Perekaman 15 November 2019
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit Setelah Erupsi Gunung Semeru

Kenampakan Dusun Curah Kobokan Setelah Erupsi Terjadi Citra Satelit WorldView2 Tanggal Perekaman 8 Desember 2021
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit, sebelum erupsi terjadi, wilayah Dusun Curah Kobokan tampak asri dan segar dengan dominasi hijau pepohonan, serta sungai berukuran besar yang melintasi dusun tersebut. Namun setelah erupsi, terlihat warna coklat mendominasi yang merupakan abu hasil letusan Gunung Semeru yang menutupi berbagai tutupan dan penggunaan lahan di dusun tersebut. Rumah, pepohonan, serta berbagai objek lainnya, hancur lebur oleh rendaman lahar dan awan panas yang bercampur dengan air hujan.

Semoga saudara-saudara kita sebangsa dan se-tanah air yang terdampak atas kejadian bencana alam erupsi Gunung Semeru ini, dapat kembali beraktivitas kembali secara normal, dan mendapat bantuan terutama pembuatan tempat tinggal yang baru.

***

Berbagai peristiwa terjadi sepanjang tahun 2021. Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua, dan semoga tahun 2022 yang tengah kita jalani menjadi lebih baik segalanya dibanding tahun-tahun yang telah kita lewati sebelumnya.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

2). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

3). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

4). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

5). [Tutorial] Menghitung Volume Data Raster Menggunakan QGIS

Author: Map Vision IndonesiaMap Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya. Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari berbagai vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: