Map Vision Indonesia

WorldDEM Neo: Produk DEM Terbaru dari Airbus Defence & Space dengan Resolusi 5 Meter

(Last Updated On: October 8, 2021)
WorldDEM Neo di Wilayah Vietnam

Gambar 1. WorldDEM Neo di Wilayah Vietnam
(Image Copyright: Airbus Defence & Space)

DAPATKAN WORLDDEM & WORLDDEM NEO DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0878 2292 5861 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Setelah berhasil meluncurkan 2 dari rencana 4 Satelit Pleiades Neo yang hasilnya berupa produk citra satelit optik dengan resolusi spasial mencapai 30 cm, perusahaan Airbus Defence & Space kembali meluncurkan produk terbaru, namun kali ini berupa data Digital Elevation Model (DEM) yang diberi nama WorldDEM Neo.

BACA JUGA:

1). Satelit Pleaides Neo 4 Berhasil Mengangkasa

2). Citra Pleiades

3). Kemiringan Lereng

4). Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH)

5). Penginderaan Jauh

WorldDEM Neo merupakan data DEM dengan resolusi spasial kelas 5 meter (0.15 arc second), dengan akurasi vertikal relatif 2 meter (slope 20%) dan 4 meter (slope > 20%), akurasi vertikal absolut 2.5 meter (90% linear error, selaras dengan WorldDEM), serta akurasi horizontal absolut 6 meter (90% circular error).

Data WorldDEM Neo diperoleh dari hasil pengolahan data Citra Satelit Radar TanDEMX yang menggunakan teknologi Synthetic Aperture Radar (SAR) yang membawa sensor Xband, dengan tahun perekaman dari 2017 hingga saat ini (2021), serta berdasarkan informasi yang diperoleh dari data WorldDEM tahun perekaman 2010 sampai dengan 2015.

Terdapat dua produk dari WorldDEM Neo yakni Digital Surface Model (DSM) yang telah dilakukan penyuntingan (editing) pada bagian medan (terrain) serta penjaminan terhadap konsistensi hidrologis.

Sedangkan satu produk lainnya yaitu Digital Terrain Model (DTM) yang merupakan hasil penghilangan berbagai unsur vegetasi serta berbagai objek buatan manusia seperti rumah, gedung, jembatan, serta yang lainnya, dari produk data DSM, sehingga diperoleh data ketinggian yang benarbenar hanya permukaan tanah (bare earth).

Ilustrasi Perbedaan Antara DSM dengan DTM

Gambar 2. Ilustrasi Perbedaan Antara DSM dengan DTM

Produk data DSM biasanya dimanfaatkan untuk perencanaan tata ruang, deteksi perubahan objek pada sebuah wilayah, sebagai data ketinggian untuk proses orthorektfikasi data citra satelit, dan banyak lainnya.

Sementara untuk produk data DTM banyak digunakan untuk aplikasi di bidang teknik sipil (seperti desain pembuatan jalan, perhitungan volume cut and fill untuk pekerjaan tanah, dan lain sebagainya), pengelolaan sumber daya alam, perencanaan dan pelaksanaan operasi militer seperti pembuatan tampilan 3D medan sebuah wilayah untuk mengenal medan pertempuran, serta banyak lainnya.

Data WorldDEM Neo hampir tersedia untuk seluruh wilayah di dunia ini.

Perbandingan WorldDEM Neo dan WorldDEM

Sebelum meluncurkan produk WorldDEM Neo, Airbus Defence & Space telah memiliki data WorldDEM dengan resolusi spasial lebih rendah yakni 12 meter.

Perbandingan antara data WorldDEM Neo dengan resolusi spasial kelas 5 meter dengan WorldDEM yang mempunyai resolusi spasial kelas 12 meter, dapat kita lihat pada gambar di bawah ini:

WorldDEM

Gambar 3. WorldDEMResolusi Spasial Kelas 12 Meter
(Image Copyright: Airbus Defence & Space)

WorldDEM Neo

Gambar 4. WorldDEM NeoResolusi Spasial Kelas 5 Meter
(Image Copyright: Airbus Defence & Space)

Terlihat dari Gambar 3 dan Gambar 4 di atas, tampilan WorldDEM Neo lebih detail dibandingkan WorldDEM.

Rangkuman Spesifikasi WorldDEM Neo

Spesifikasi WorldDEM Neo

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Menghitung Volume Data Raster Menggunakan QGIS

2). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

3). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

4). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

5). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

Author: Map Vision IndonesiaMap Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya. Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari berbagai vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
%d bloggers like this: