Map Vision Indonesia

2023 dalam Citra Satelit (Bagian 1)

Last Updated on January 15, 2024 by Map Vision Indonesia

This slideshow requires JavaScript.

Tahun 2024 sudah kita jejaki, namun berbagai peristiwa besar yang terjadi sepanjang tahun 2023 menarik untuk kita lihat kembali.

Tahun 2023 – tahun dimana secara rasa kemanusiaan, kita merasa dikoyak-koyak oleh perang saudara yang terjadi di Sudan, serta perang asimetris dan mengarah menuju genosida yang dilakukan zionis – Israel, terhadap rakyat Palestina, dimana dunia internasional seolah tidak dapat berbuat apa-apa terhadap kekejian yang mereka lakukan dan hanya menjadi penonton di saat pembantaian yang mengakibatkan korban jiwa bergelimpangan termasuk anak-anak yang jumlahnya hingga saat ini mencapai lebih dari 20 ribu orang.

BACA JUGA:

1). Landsat Next: Misi Baru dan Revolusioner dari Program Landsat

2). Memahami Citra Satelit

3). Citra Radar Menunjukkan Area yang Berpotensi Banjir

4). Pengolahan Citra Satelit

5). Melihat Pola-Pola Deforestasi Hutan Amazon dari Citra Satelit

Peristiwa kelam tersebut serta beberapa kejadian besar dan menarik lainnya sepanjang tahun 2023 direkam oleh satelit observasi bumi, dimana citra yang dihasilkan dapat Anda simak di bawah ini:

1). Januari 2023 Banjir Besar di California

Awal tahun 2023 dimulai dengan bencana banjir besar yang terjadi di wilayah California, Amerika Serikat.

Banjir terjadi disebabkan oleh serangkaian “sungai atmosfer” yang setidaknya berjumlah 12 sungai membasahi California pada bulan Januari 2023, setelah bertahun-tahun mengalami kekeringan.

Sungai atmosfer sendiri merujuk pada pengertian oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) merupakan sebuah sebutan untuk wilayah yang panjang dan sempit di atmosfer bak sebuah sungai yang berada di langit, yang mengangkut sebagian besar uap air ke luar daerah tropis. Ukurannya bervariasi tetapi lebar rata-ratanya antara 402-603 km, dengan panjangnya mampu menyentuh hingga 1.600 km. Rata-rata jumlah uap air  yang dapat dibawa sungai atmosfer setara dengan rata-rata aliran air di muara Sungai Mississippi, Amerika Serikat, bahkan untuk sungai atmosfer yang sangat kuat mampu mengangkut 15 kali lipat lebih banyak. Saat sungai atmosfer mencapai daratan, sering kali melepaskan uap air yang dibawanya menjadi hujan atau salju.

Sungai Atmosfer

Penjelasan Sungai Atmosfer
(Image Credit: NOAA)

Citra Satelit PlanetScope dengan resolusi spasial kelas 3 meter, memperlihatkan salah satu wilayah di California yaitu di sekitaran Danau Nacimiento sebelum dan sesudah diterjang banjir besar akibat “dihantam” sungai atmosfer.

Citra Satelit PlanetScope Sebelum dan Sesudah Banjir Besar di Danau Nacimiento California

Citra Satelit PlanetScope Sebelum dan Sesudah Diterjang Banjir BesarTanggal Perekaman 25 November 2022 (Sebelum Banjir Besar) dan 16 Januari 2023 (Setelah Banjir Besar)
(Image Copyright: Planet)

2). Februari 2023Gempa Besar di Turki dan Suriah

Gempa besar berkekuatan Magnitudo (M) 7,8 menghantam Turki bagian tengah dan selatan serta Suriah, pada tanggal 6 Februari 2023. Setelahnya gempa susulan dengan kekuatan Magnitudo (M) 7,5 menghajar kembali wilayah tersebut.

Gempa bumi tersebut merupakan gempa terbesar secara global sejak gempa bumi yang melanda Haiti pada tahun 2010.

Di Turki akibat gempa bumi yang terjadi mengakibatkan korban jiwa mencapai lebih dari 50 ribu orang dan 100 ribu orang mengalami luka-luka, serta 1,5 juta orang harus kehilangan tempat tinggalnya yang telah rubuh, sedangkan di Suriah, tercatat 8.476 orang harus meregang nyawa dengan 13 ribu orang mengalami luka-luka.

Provinsi Hatay di Turki bagian selatan merupakan provinsi dengan jumlah korban jiwa dan luka-luka terbanyak yang disebabkan oleh gempa besar ini, dimana berdasarkan data yang tersaji di Wikipedia, setidaknya lebih dari 23 ribu orang harus kehilangan nyawanya dengan 30.762 orang mengalami luka-luka.

Ibu Kota Provinsi Hatay, Kota Antakya, menjadi wilayah di Provinsi Hatay yang mengalami kehancuran luar biasa. Hampir sebagian besar bangunan di kota tua tersebut terutama yang berbentuk apartemen hampir rata dengan tanah. Bangunan yang masih berdiri pun sudah tidak “sempurna”, mengalami keretakan dan kerusakan dimana-mana, yang sudah tidak bisa ditempati karena faktor keamanan.

Citra Satelit SkySat dari perusahaan Planet serta citra satelit resolusi sangat tinggi dari perusahaan Maxar Technologies, memperlihatkan kenampakan berbagai bangunan di Kota Antakya, yang sudah luluh lantak dihajar gempa bumi.

Citra Satelit SkySat Memperlihatkan Banyak Bangunan yang Sudah Mengalami Kehancuran di Wilayah Kota Antakya – Tanggal Perekaman 12 Februari 2023

Citra Satelit SkySat Memperlihatkan Banyak Bangunan yang Sudah Mengalami Kehancuran di Wilayah Kota AntakyaTanggal Perekaman 12 Februari 2023
(Image Copyright: Planet)

Citra Satelit Memperlihatkan Bangunan dan Infrastruktur di Kota Antakya Sebelum Gempa Bumi Mengguncang Kota Tersebut

Citra Satelit Memperlihatkan Bangunan dan Infrastruktur di Kota Antakya Sebelum Gempa Bumi Mengguncang Kota Tersebut
(Image Copyright: Maxar Technologies; Courtesy of AP)

Citra Satelit Memperlihatkan Bangunan dan Infrastruktur di Kota Antakya Sesudah Gempa Bumi Mengguncang Kota Tersebut

Citra Satelit Memperlihatkan Bangunan dan Infrastruktur di Kota Antakya Sesudah Gempa Bumi Mengguncang Kota Tersebut
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Provinsi kedua di Turki yang paling berat mengalami kehancuran karena diterjang gempa bumi yakni Provinsi Kahramanmaras. Jumlah orang yang harus kehilangan nyawa mencapai lebih dari 12 ribu orang, dan 9 ribu orang lainnya mengalami luka-luka.

Citra satelit resolusi sangat tinggi dari perusahaan Maxar Technologies memperlihatkan kondisi sebelum dan sesudah gempa bumi yang melanda sebuah wilayah di provinsi tersebut, seperti diperlihatkan di bawah ini:

Citra Satelit Sebelum (Tanggal Perekaman 26 Juli 2022) dan Sesudah (Tanggal Perekaman 8 Februari 2023) Gempa Bumi Melanda Salah Satu Wilayah di Provinsi Kahramanmaras

Citra Satelit Sebelum (Tanggal Perekaman 26 Juli 2022) dan Sesudah (Tanggal Perekaman 8 Februari 2023) Gempa Bumi Melanda Salah Satu Wilayah di Provinsi Kahramanmaras
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Terlihat dari citra satelit di atas, banyak bangunan yang sudah tinggal menjadi puing-puing reruntuhan setelah dilanda gempa bumi besar.

Berbagai dampak kerusakan infrastruktur dan kondisi yang terjadi setelah dilanda gempa bumi dahsyat yang terjadi di Turki dan Suriah dapat dilihat juga pada citra satelit lainnya berikut ini:

Gempa Bumi Memicu Terjadinya Longsor yang Menyebabkan Tertutupnya Sebuah Jalan yang Berada di Wilayah Islahiye – Tanggal Perekaman 13 Februari 2023

Gempa Bumi Memicu Terjadinya Longsor yang Menyebabkan Tertutupnya Sebuah Jalan yang Berada di Wilayah IslahiyeTanggal Perekaman 13 Februari 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Kerusakan Berbagai Bangunan dan Infrastruktur Akibat Dihajar Gempa Bumi Besar yang Melanda Wilayah Kota Jindires, Suriah – Tanggal Perekaman 11 Februari 2023

Kerusakan Berbagai Bangunan dan Infrastruktur Akibat Dihajar Gempa Bumi Besar yang Melanda Wilayah Kota Jindires, Suriah Tanggal Perekaman 11 Februari 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tenda Darurat Didirikan di Sebuah Wilayah Kota Osmaniye untuk Menampung Warga yang Terkena Dampak Gempa Bumi

Tenda Darurat Didirikan di Sebuah Wilayah Kota Osmaniye untuk Menampung Warga yang Terkena Dampak Gempa Bumi
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Sebuah Lahan yang Dibuat Menjadi Tempat Penguburan Masal Korban Meninggal Dunia karena Gempa Bumi Besar yang Melanda Provinsi Kahramanmaras Terlihat dari Citra Satelit

Sebuah Lahan yang Dibuat Menjadi Tempat Penguburan Masal Korban Meninggal Dunia karena Gempa Bumi Besar yang Melanda Provinsi Kahramanmaras Terlihat dari Citra Satelit Tanggal Perekaman 12 Februari 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

3). Maret 2023Mississippi Diterjang Badai Dahsyat

Pada tanggal 24 Maret 2023, badai dahsyat menerjang wilayah di negara bagian Mississippi, Amerika Serikat, dan juga wilayah sekitarnya.

Badai dengan kekuatan EF4 (Enhanced Fujita Scale 4) berlangsung selama lebih dari 1 jam dan menempuh jarak hingga 97 km dengan kecepatan angin mampu menyentuh sampai 274 km/jam. Wilayah yang dilalui badai, mengalami berbagai kehancuran mulai dari rumah-rumah penduduk, tumbangnya pepohonan, tiang-tiang listrik yang terputus, beragam infrastruktur yang mengalami kerusakan berat, serta yang memilukan terdapat 26 korban jiwa akibat bencana alam yang terjadi ini.

Keesokan harinya (25 Maret 2023), badai lain terjadi namun dengan kekuatan yang lebih lemah yaitu EF3. Badai ini mendarat di wilayah Black Hawk, Mississippi, yang berada 90 km timur laut Kota Rolling Fork.

Badai tersebut bergerak dengan kecepatan angin maksimal hingga 241 km/jam dan menempuh jarak sampai 47 km, melalui Kota Winona, Minnesota, sebelum berakhir di Kota Kilmichael, Mississippi.

Citra Satelit Landsat 9 dengan tanggal perekaman 25 Maret 2023 menunjukkan kenampakan jejak yang dihasilkan oleh badai tersebut pada jalur yang dilaluinya, seperti diperlihatkan di bawah ini:

Citra Satelit Landsat 9 Memperlihatkan Jalur Pergerakan Badai Dahsyat yang Menghantam Mississippi

Citra Satelit Landsat 9 Memperlihatkan Jalur Pergerakan Badai Dahsyat yang Menghantam Mississippi
(Image Copyright: NASA USGS)

Perbesaran Tampilan Citra Satelit Landsat 9 Memperlihatkan Jalur Badai yang Melewati Kota Winona, Minnesotta

Perbesaran Tampilan Citra Satelit Landsat 9  Memperlihatkan Jalur Badai yang Melewati Kota Winona, Minnesotta
(Image Copyright: NASA USGS)

Pada Citra Satelit Landsat 9 warna natural, jalur yang dilalui badai terlihat berwarna coklat dengan garis memanjang.

4). April 2023Bunga Mekar Masif yang Spektakuler di California

Hujan lebat saat musim dingin di wilayah California, Amerika Serikat, membuat mekarnya bunga-bunga liar dalam jumlah yang masif di musim semi. Peristiwa ini dapat disebut langka, karena menurut perkiraan hanya terjadi selama sekali dalam satu dekade.

Kenampakan “banjir” warna sebuah wilayah di California karena mekarnya bunga-bunga liar tersebut dapat dilihat pada citra satelit di bawah ini:

Citra Satelit Wilayah Palmdale, California, yang Dipenuhi Bunga yang Mekar dengan Warna yang Beragam – Tanggal Perekaman 10 April 2023

Citra Satelit Wilayah Palmdale, California, yang Dipenuhi Bunga yang Mekar dengan Warna yang Beragam Tanggal Perekaman 10 April 2023
(Image Copyright: Maxar Technolgies)

Citra satelit resolusi sangat tinggi dari Maxar Technologies memperlihatkan wilayah lereng bukit Palmdale, California, yang diselimuti bunga-bunga yang bermekaran dengan tampilan warna dominan kuning, serta terdapat juga warna hijau serta oranye.

Bunga Mekar Berwarna-warni dalam Jumlah Masif di Lereng Bukit Monumen Nasional Dataran Carrizo – Tanggal Perekaman 4 April 2023

Bunga Mekar Berwarna-warni dalam Jumlah Masif di Lereng Bukit Monumen Nasional Dataran Carrizo Tanggal Perekaman 4 April 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Bunga Mekar Berwarna-warni dalam Jumlah Masif di Dataran Carrizo – Tanggal Perekaman 5 April 2023

Bunga Mekar Berwarna-warni dalam Jumlah Masif di Dataran Carrizo Tanggal Perekaman 5 April 2023
(Image Copyright: Planet)

Citra Satelit Landsat 9 Warna Natural Memperlihatkan Kenampakan Wilayah Monumen Nasional Dataran Carrizo yang Berwarna-warni oleh Bunga Liar yang Bermekaran

Citra Satelit Landsat 9 Warna Natural Memperlihatkan Kenampakan Wilayah Monumen Nasional Dataran Carrizo yang Berwarna-warni oleh Bunga Liar yang Bermekaran
(Image Copyright: NASA USGS)

Bunga berwarna kuning, hijau, dan ungu, dalam jumlah masif, menghiasi Monumen Nasional Dataran Carrizo yang merupakan dataran padang rumput tertutup berukuran luas dengan panjang sekitar 80 km dan lebar 24 km di bagian tenggara San Luis Obispo County, California, Amerika Serikat.

Pemandangan di Sepanjang Shell Creek Road, Santa Margarita, California, yang Didominasi Warna Kuning yang Berasal dari Bunga Liar yang Bermekaran dalam Jumlah Besar

Pemandangan di Sepanjang Shell Creek Road, Santa Margarita, California, yang Didominasi Warna Kuning yang Berasal dari Bunga Liar yang Bermekaran dalam Jumlah Besar Tanggal Perekaman 9 April 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

5). Mei 2023Perang di Sudan

Konflik bersenjata pecah pada tanggal 15 April 2023 antar dua jenderal yang mengenggam kekuasaan di Sudan.

Pertikaian antara pemegang pucuk kekuasaan Sudan, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan selaku pimpinan tertinggi Sudanese Armed Forces (SAF) dengan wakilnya yakni Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo alias Hemedti selaku Komandan Pasukan Paramiliter Rapid Support Forces (RSF) menyebabkan perang saudara dan kekacauan di Sudan.

Pertempuran paling sengit terjadi di ibu kota negara Sudan, Khartoum, dimana pada bulan Mei 2023, Bloomberg melaporkan kehancuran infrastruktur penting dengan tentara Sudah banyak menargetkan pasar, pabrik, dan gudang bantuan, untuk diporak-porandakan.

Citra Satelit SkySat di Wilayah Sekitar Pabrik Samil Industrial Co. di Khartoum, yang Hancur karena Perang yang terjadi di Sudan – Tanggal Perekaman 10 Mei 2023

Citra Satelit SkySat di Wilayah Sekitar Pabrik Samil Industrial Co. di Khartoum, yang Hancur karena Perang yang terjadi di Sudan Tanggal Perekaman 10 Mei 2023
(Image Copyrigh: Planet)

Citra satelit resolusi sangat tinggi SkySat di atas memperlihatkan asap hitam mengepul ke angkasa setelah pabrik makanan Samil Industrial Co., mengalami kehancuran karena konflik yang terjadi.

Pabrik Samil di Khartoum sendiri memproduksi makanan terapeutik untuk anak-anak di Sudan yang mengalami malnutrisi. Kehancuran pabrik tersebut semakin mengancam kehidupan anak-anak di Sudan terutama yang tengah mengalami gizi buruk.

Berdasarkan data dari PBB per Desember 2023, dampak dari perang di Sudan membuat lebih dari 12 ribu orang harus kehilangan nyawanya, serta 6,6 juta menjadi pengungsi ke daerah yang lebih aman atau menyeberang ke negara tetangga, dengan setengah dari pengungsi tersebut merupakan anak-anak.

6). Juni 2023Hancurnya Bendungan di Ukraina

Bendungan raksasa Nova Kakhovka yang berada di bagian selatan Ukraina namun saat ini dalam penguasaan Rusia, mengalami kehancuran pada 6 Juni 2023.

Rusia dan Ukraina saling tuding terkait kejadian ini, namun kepastian penyebab kolapsnya bendungan tersebut tidak dapat diketahui, karena Rusia melarang penyelidikan secara independen.

Ukraina menuding bahwa Rusia melakukan penghancuran bendungan tersebut dengan menanam peledak di bagian dalam bendungan dengan tujuan untuk menguntungkan Rusia dalam situasi peperangan melawan Ukraina.

Sedangkan Rusia balik menuduh Ukraina sebagai otak di balik ambruknya Bendungan Nova Kakhovka, dengan meluncurkan “serangan artileri massal” terhadap bendungan tersebut. Banyak ahli menyangsikan tudingan Rusia tersebut, melihat ketidakmungkinan bendungan mengalami kerusakan berat jika hanya diserang dari luar.

Terdapat beberapa pihak yang juga berpendapat bahwa bisa jadi ambrolnya Bendungan Nova Kakhovka disebabkan secara alami oleh kegagalan teknis berhubung usianya yang sudah renta disertai kemungkinan dampak ledakan saat peperangan yang terjadi November 2022 yang mengenai sebelah utara bendungan dan beberapa pintu air. Bendungan Nova Kakhovka sendiri dibangun pada tahun 1956 atau sudah berusia 67 tahun pada tahun 2023. Pendapat inipun banyak disangsikan, karena jika dirawat dengan semestinya, bendungan ini akan bertahan cukup lama atau kalaupun akan mengalami kerusakan secara alami, sebelumnya akan terdapat tanda-tanda yang menyertainya.

Citra satelit resolusi sangat tinggi dari Maxar Technologies dan Planet memperlihatkan kondisi bendungan dan area yang terdampak sebelum dan sesudah mengalami kehancuran:

Citra Satelit SkySat Sebelum dan Sesudah (6 Juni 2023) Hancurnya Bendungan Nova Kakhovka

Citra Satelit SkySat Sebelum dan Sesudah (6 Juni 2023) Hancurnya Bendungan Nova Kakhovka
(Image Copyright: Planet)

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Maxar Technologies Sebelum Ambruknya Bendungan Nova Kakhovka – Tanggal Perekaman 5 Juni 2023

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Maxar Technologies Sebelum Ambruknya Bendungan Nova Kakhovka Tanggal Perekaman 5 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Maxar Technologies Sebelum Ambruknya Bendungan Nova Kakhovka – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Maxar Technologies Sesudah Ambruknya Bendungan Nova Kakhovka Tanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Keadaan Lumbung Padi di Kota Nova Kakhovka Sebelum Bendungannya Mengalami Kehancuran – Tanggal Perekaman 5 Juni 2023

Keadaan Lumbung Padi di Kota Nova Kakhovka Sebelum Bendungannya Mengalami Kehancuran Tanggal Perekaman 5 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Lumbung Padi di Kota Nova Kakhovka yang Seluruhnya Terendam Air dari Bendungan yang Hancur – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Area Lumbung Padi di Kota Nova Kakhovka yang Seluruhnya Terendam Air dari Bendungan yang HancurTanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka Ambrol – Tanggal Perekaman 15 Mei 2023

Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka AmbrolTanggal Perekaman 15 Mei 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, yang Terendam Banjir Akibat Bendungan Nova Kakhovka Ambrol – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, yang Terendam Banjir Akibat Bendungan Nova Kakhovka AmbrolTanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tampilan pada Skala Lebih Besar Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka Ambrol – Tanggal Perekaman 15 Mei 2023

Tampilan pada Skala Lebih Besar Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka AmbrolTanggal Perekaman 15 Mei 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tampilan pada Skala Lebih Besar Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, yang Terendam Banjir Akibat Bendungan Nova Kakhovka Ambrol – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Tampilan pada Skala Lebih Besar Area Permukiman Penduduk di Kota Oleshky, Ukraina Selatan, yang Terendam Banjir Akibat Bendungan Nova Kakhovka AmbrolTanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Permukiman Penduduk di Kota Korsunka, Ukraina, Sebelum Kehancuran Bendungan Nova Kakhovka – Tanggal Perekaman 15 Mei 2023

Area Permukiman Penduduk di Kota Korsunka, Ukraina, Sebelum Kehancuran Bendungan Nova Kakhovka Tanggal Perekaman 15 Mei 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Permukiman Penduduk di Kota Korsunka, Ukraina, Terendam Banjir Setelah Kehancuran Bendungan Nova Kakhovka – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Area Permukiman Penduduk di Kota Korsunka, Ukraina, Terendam Banjir Setelah Kehancuran Bendungan Nova Kakhovka Tanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Desa Krinky, Ukraina, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka Ambruk – Tanggal Perekaman 15 Mei 2023

Area Desa Krinky, Ukraina, Sebelum Bendungan Nova Kakhovka AmbrukTanggal Perekaman 15 Mei 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Area Desa Krinky, Ukraina, Terendam Banjir Setelah Bendungan Nova Kakhovka Ambruk – Tanggal Perekaman 7 Juni 2023

Area Desa Krinky, Ukraina, Terendam Banjir Setelah Bendungan Nova Kakhovka AmbrukTanggal Perekaman 7 Juni 2023
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Dari citra satelit di atas terlihat bahwa area-area di bagian hilir Bendungan Nova Kakhovka seperti Kota Korsunka, Kota Oleshky, dan juga Desa Krinky, terutama yang berada di pinggiran Sungai Dnipro, terkena dampak paling berat. Permukiman penduduk, lahan pertanian, jalan, pepohonan, dan berbagai infrastruktur lainnya terendam banjir yang disebabkan volume air yang mendadak berjumlah lebih besar dan tidak sesuai dengan kapasitas tampung maksimal Sungai Dnipro.

***

Citra satelit menjadi saksi bisu beragam peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2023 dan menjadi sebuah data yang memberikan informasi terkait kejadian di suatu wilayah tanpa kita harus berada di sana.

Dalam beragam peristiwa yang telah disebutkan di atas, citra satelit dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat dan luasan kerusakan yang tejadi untuk sebuah musibah yang terjadi. Membuat jalur untuk evakuasi dan pengiriman bantuan, penentuan area-area yang dapat digunakan sebagai tempat pengungsian sementara, estimasi tingkat kerusakan pada perumahan penduduk serta berbagai infrastruktur lain yang mengalami kerusakan,  perkiraan anggaran yang harus dikeluarkan untuk melakukan pembangunan ulang pada area terdampak, dan lain sebagainya.

Sekian bagian pertama untuk postingan ini, dan nantikan untuk bagian keduanya.

Referensi:

2023 in images. https://www.planet.com/pulse/2023-in-images/?mkt_tok=OTk3LUNISC0yNjUAAAGQI5qY7J7ex2t2hBsHQuXvzS3lwBaOAHEGVg_7n4LFNeATQ72L2eZYzRqauCQnIs9GZHacupcV1E9ZgvyP9vJ61hg0Qbnpx2F_youGvl3LgHR9. Diakses 11 Januari 2024.

Tornado Leaves Path of Destruction in Mississippi. https://landsat.visibleearth.nasa.gov/view.php?id=151138. Diakses 11 Januari 2024.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Pansharpening Citra Satelit Landsat 9 di QGIS

2). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

3). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

4). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

5). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

Author: Map Vision IndonesiaMap Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya. Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari beragam vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *