Map Vision Indonesia

Manfaat Penginderaan Jauh dalam Bidang Pertanian

Manfaat Penginderaan Jauh dalam Bidang Pertanian

Manfaat Penginderaan Jauh dalam Bidang PertanianSalah Satunya Memantau Luasan Areal Persawahan Menggunakan Data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Seperti WorldView-2
(Image Copyright: Maxar Technologies; Courtesy of Map Vision)

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT RESOLUSI SANGAT TINGGI WORLDVIEW-2 BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN KUALITAS TERBAIK DAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0857 2016 4965 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Manfaat Penginderaan Jauh dalam Bidang Pertanian: Bidang pertanian merupakan bidang yang memegang peranan penting dalam kehidupan sebuah negara. Kebutuhan pangan manusia dan hewan yang terdapat pada suatu negara sangat tergantung dengan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya. Selain itu, bidang pertanian merupakan salah satu sumber perekonomian terbesar bagi beberapa negara di dunia, terutama yang masih berkembang seperti negara kita, Indonesia, dengan jumlah orang yang menggeluti profesi di bidang pertanian masih cukup banyak, serta beberapa faktor lain yang menjadikan bidang ini sangat vital peranannya.

BACA JUGA:

1). Citra Foto Udara

2). Citra Satelit

3). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Corona Melanda

4). Jual Citra Satelit

5). Satelit WorldView-2

Namun walau memegang peranan yang krusial, bidang pertanian di Indonesia seiring dengan waktu semakin mengalami kemunduran. Mulai dari banyaknya lahan pertanian yang berubah alih fungsi menjadi lahan non-pertanian seperti permukiman, kawasan industri, dan lain sebagainya, kemudian tidak banyak angkatan kerja yang melirik profesi sebagai seorang petani karena profesi ini seolah sudah identik dengan profesi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, berbagai penyakit yang menyerang tanaman yang semakin kompleks, minimnya inovasi dan penggunaan teknologi terbaru di bidang pertanian, serta banyak permasalahan lainnya.

Dengan segudang permasalahan yang menghampiri, perlu peran serta dari berbagai pihak terutama pemerintah untuk bersama-sama mencari solusinya, seperti bagaimana cara memajukan kondisi para petani saat ini, melakukan proteksi terhadap lahan-lahan pertanian, penerapan berbagai inovasi dan penggunaan teknologi terbaru di bidang pertanian yang harus secepatnya dilakukan, serta hal-hal lain yang perlu dilakukan.

Berbicara penggunaan teknologi di bidang pertanian, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurai permasalahan di bidang pertanian, kita dapat menggunakan teknologi di bidang penginderaan jauh yang banyak manfaatnya bagi bidang pertanian ini.

Jika ingin langsung membaca pada bagian-bagian yang diinginkan, silahkan klik pada bagian sub-judul yang terdapat di Table of Contents:

Apa itu Penginderaan Jauh?

Sebelum membahas mengenai pemanfaatan teknologi penginderaan jauh (remote sensing) maka kita perlu mengetahui dulu apa itu penginderaan jauh, terutama bagi Anda yang memang tidak pernah bersinggungan sebelumnya dengan penginderaan jauh.

Penginderaan jauh merupakan sebuah ilmu dan juga seni untuk memperoleh informasi dari sebuah objek yang ada di permukaan bumi, tanpa harus kontak langsung dengan objek tersebut. Biasanya teknologi penginderaan jauh menggunakan prinsip penggunaan sensor yang disematkan pada sebuah wahana yang dapat berupa satelit, pesawat, UAV/drone, serta wahana lain, dengan memanfaatkan hasil interaksi gelombang elektromagnetik dari objek di permukaan bumi.

Citra Satelit

Salah satu data hasil teknologi penginderaan jauh yaitu citra satelit yang merupakan kenampakan objek-objek di permukaan bumi hasil perekaman yang dilakukan oleh satelit observasi bumi yang berada di luar angkasa.

Secara garis besar, citra satelit yang dihasilkan oleh satelit observasi bumi berdasarkan sumber tenaga dari sensornya terdiri dari citra satelit yang dihasilkan dari sensor pasif (sumber tenaga berasal dari luar sensor itu sendiri dan menggunakan sumber tenaga dari matahari dan sumber panas lain) dan juga citra satelit yang mempunyai sensor dengan sumber tenaga berasal dari sensor itu sendiri atau biasa disebut dengan sensor aktif.

Beberapa contoh data citra satelit optis dari sensor pasif yaitu seperti citra satelit yang termasuk dalam kategori citra satelit dengan resolusi spasial sangat tinggi (di bawah 1 meter) seperti Citra Satelit WorldView-4, WorldView-3, WorldView-2, WorldView-1, GeoEye-1, QuickBird, Ikonos, Pleiades-1A, Pleiades-1B, KOMPSAT-3, KOMPSAT-3A, kemudian citra satelit yang termasuk kategori citra satelit dengan resolusi spasial tinggi seperti Citra Satelit SPOT-6, SPOT-7, SPOT-5, RapidEye, selanjutnya terdapat citra satelit yang termasuk kategori citra satelit dengan resolusi menengah seperti Citra Satelit Landsat 8, Sentinel-2A, SPOT-4, serta banyak data citra satelit optis lainnya.

Sedangkan untuk contoh data citra satelit hasil perekaman dari satelit observasi bumi dengan sensor aktif seperti radar antara lain yaitu TerraSAR-X, Radarsat, Envisat, serta banyak lainnya.

Kedua jenis data citra satelit tersebut mempunyai manfaat yang sangat besar bagi bidang pertanian saat ini, seperti yang akan dijabarkan pada penjelasan selanjutnya.

Manfaat Citra Satelit dalam Bidang Pertanian

Seperti telah dibahas sebelumnya, data citra satelit merupakan kenampakan berbagai objek pada sebuah area liputan yang direkam oleh satelit observasi bumi yang berada di luar angkasa, dan salah satunya adalah objek berbagai lahan pertanian yang terdapat pada sebuah wilayah.

Seseorang akan mengetahui kenampakan sebuah lahan pertanian dari data citra satelit berdasarkan hasil pengalamannya melakukan interpretasi terhadap objek-objek pada data citra satelit yang dikenali dari bentuk, tekstur, lokasi objek, serta berbagai metode interpretasi lainnya. Bahkan untuk citra satelit resolusi sangat tinggi dengan resolusi spasial di bawah 1 meter, maka proses interpretasi terhadap lahan pertanian akan lebih mudah dilakukan karena kenampakan objeknya yang sudah detail.

Manfaat Penginderaan Jauh dalam Bidang Pertanian

Kenampakan Areal Pertanian di Wilayah Rantau Pulung, Kutai Timur, Menggunakan Citra Satelit WorldView-2
(Image Copyright: Maxar Technologies; Courtesy of Map Vision)

Dan berikut berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari data citra satelit di bidang pertanian:

1). Identifikasi areal pertanian seperti misalnya area pesawahan dengan metode interpretasi manual ataupun klasifikasi penggunaan lahan secara otomatis dan semi otomatis menggunakan sebuah software seperti misalnya software ENVI, ArcGIS, dan lain sebagainya.

 2). Setelah mengetahui sebuah areal pertanian di sebuah wilayah, kita dapat mengetahui luasan areal tersebut menggunakan softwaresoftware geospasial yang tersedia sekarang ini seperti QGIS, ArcGIS, Global Mapper, ENVI, dan lain sebagainya, sehingga nantinya kita dapat melakukan estimasi produksi hasil pertanian;

3). Salah satu keunggulan satelit observasi bumi saat ini yaitu kemampuan kembali ke sebuah area liputan dalam hitungan minggu bahkan hari dengan cakupan area yang luas dalam satu kali perekaman, sehingga kita dapat memantau fase pertumbuhan suatu tanaman pada areal pertanian;

4). Kita juga dapat memantau apakah di sebuah wilayah terjadi alih fungsi lahan pertanian menjadi non pertanian, sehingga nantinya instansi-instansi terkait mempunyai data luasan areal pertanian yang telah beralih fungsi yang selanjutnya dapat dijadikan salah satu sumber data masukkan untuk melakukan berbagai kebijakan untuk menahan laju perubahan tersebut;

5). Dengan menggunakan algoritma pada data citra satelit menggunakan sebuah software, dapat diketahui tanaman yang sehat atau tidak pada sebuah lahan pertanian atau mengetahui lahan-lahan pertanian mana yang mengalami kekeringan, sehingga nantinya petani serta pihak-pihak terkait dapat mengambil berbagai langkah untuk mengurangi atau mencegah banyaknya tanaman yang terkena penyakit serta lahan-lahan pertanian yang mengalami kekeringan, serta banyak hal lain yang dapat dilakukan dengan melakukan pengolahan dan analisis dari data citra satelit;

NDVI dari Citra Satelit WorldView-2

Contoh Pengolahan Citra Satelit WorldView-2 dengan Metode Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) dengan Salah Satu Manfaatnya Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan Suatu Tanaman
(Image Copyright: Maxar Technologies; Sumber: bit.ly/32miNNL)

Contoh Penggunaan Citra Satelit Landsat 7 Untuk Analisis Wilayah yang Terkena Kekeringan Menggunakan NDDI

Contoh Pengolahan Citra Satelit Landsat 7 ETM+ dengan Metode Normalized Difference Drought Index (NDDI) untuk Mengetahui Wilayah yang Mengalami Kekeringan
(Sumber Gambar: bit.ly/391JxV6)

6). Penggunaan citra satelit dapat menghemat anggaran untuk melakukan berbagai analisis yang terjadi pada sebuah areal pertanian, karena tanpa perlu menuju ke areal tersebut, kita dapat melihat kondisi dan melakukan analisis areal pertanian melalui data citra satelit di tempat kita berada, sehingga menghemat anggaran untuk transportasi, akomodasi, serta berbagai biaya lainnya.

***

Semoga dengan inovasi dan penerapan teknologi di bidang penginderaan jauh khususnya data citra satelit, menjadi salah satu solusi dari berbagai permasalahan yang mendera bidang pertanian di negeri ini.

Sekian artikel mengenai manfaat penginderaan jauh dalam bidang pertanian. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada postingan kami berikutnya. Insya Allah.

Video Terkait:

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

2). [Tutorial] Cara Download Peta RBI Gratis

3). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

4). [Tutorial] Import Titik-Titik Koordinat di Open Office atau Excel ke QGIS

5). [Tutorial] Stacking Data Citra Satelit Menggunakan QGIS

 

Avatar

Author: Map Vision Indonesia

Map Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya.Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari berbagai vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Website Ini Bermanfaat? Bagikan Supaya Kawan Anda Tahu

Facebook20k
20k
WhatsApp chat
%d bloggers like this: