Map Vision Indonesia

Harga Citra Satelit

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Harga Citra Satelit di Map Vision Indonesia

DAPATKAN INFORMASI HARGA CITRA SATELIT BERBAGAI VENDOR DI MAP VISION INDONESIA PADA NOMOR WA/SMS/TELEPON: 0857 2016 4965 ATAU EMAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Harga citra satelit saat ini sangat tergantung dari tingkat resolusi spasial, resolusi spektral, serta kebijakan perusahaan satelit observasi bumi itu sendiri. Semakin tinggi tingkat resolusi spasial suatu data citra satelit ditambah dengan jumlah band yang dimilikinya, maka harganya akan semakin tinggi.

Sebagai contoh, harga Citra Satelit WorldView-2 yang mempunyai resolusi spasial 50 cm (0.5 m) lebih tinggi harganya dibandingkan harga Citra Satelit SPOT-6 yang mempunyai resolusi spasial 150 cm (1.5 m). Namun harga Citra Satelit WorldView-2 dengan resolusi spasial 50 cm (0.5 m) harganya lebih rendah dibandingkan harga Citra Satelit WorldView-3 yang mempunyai resolusi spasial 30 cm (0.3 m).

BACA JUGA:

1). JUAL CITRA SATELIT

2). Pleiades Neo (0.3 meter)

3). WorldView-4 (0.3 meter)

4). WorldView-3 (0.3 meter)

5). WorldView-2 (0.5 meter)

Seperti diungkapkan pada paragraf pertama, harga citra satelit juga ditentukan oleh jumlah band yang dimiliki oleh citra satelit tersebut. Sebagai contoh, jika Anda order Citra Satelit WorldView-2 dengan resolusi spasial 50 cm (0.5 m), dengan jumlah band komplet (8 band), maka harganya lebih tinggi dibandingkan Citra Satelit WorldView-2 dengan jumlah band hanya 4 saja (band-band VNIR).

Selain faktor tingkat resolusi spasial dan juga resolusi spektral yang dimiliki oleh sebuah citra satelit, harga citra satelit juga tergantung dari kebijakan perusahaan satelit observasi bumi itu sendiri. Sebagai contoh, harga citra satelit dengan resolusi spasial pada kelas 50 cm/60 cm dan resolusi spektral 4 band (VNIR) dari perusahaan Maxar Technologies, harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan harga Citra Satelit Pleiades (Pleiades-1A maupun Pleiades-1B) kepunyaan perusahaan Airbus Defence & Space, yang juga memiliki resolusi spasial 50 cm dengan resolusi spektral 4 band (VNIR).

Jika ingin langsung membaca pada bagian-bagian yang diinginkan, silahkan klik pada bagian sub-judul yang terdapat di Table of Contents:

Aturan Pembelian Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Saat ini pada umumnya harga pembelian dan juga pengolahan data arsip, update, dan perekaman baru citra satelit resolusi sangat tinggi dihitung per kilometer persegi, serta terdapat aturan minimal luasan area yang hendak diorder dan juga jarak antar vertex serta lebar ke segala arah dari bentuk area order.

Detail aturan pembelian data citra satelit resolusi sangat tinggi (resolusi spasial 30 cm hingga 150 cm) adalah sebagai berikut:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Tabel 1. Aturan Pembelian Data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Catatan:

1). Untuk pembelian data arsip original citra satelit dari vendor Maxar Technologies, terdapat kategori data arsip dan data update (fresh archive).

Data arsip yaitu data citra satelit yang mempunyai tanggal perekaman lebih dari 90 hari dari hari ini, sedangkan data update (fresh archive) yaitu data citra satelit yang mempunyai tanggal perekaman kurang dari 90 hari dari hari ini.

Contoh:

Jika hari ini dimisalkan tanggal 1 Januari 2013, sedangkan data citra satelit yang akan diorder mempunyai tanggal perekaman 2 Oktober 2012, maka data citra satelit tersebut masuk kedalam kategori data arsip dikarenakan tanggal perekaman dari citra satelit tersebut lebih dari 90 hari (tepatnya 91 hari).

Jika hari ini dimisalkan kembali tanggal 1 Januari 2013, sedangkan data citra satelit yang akan diorder mempunyai tanggal perekaman 4 Oktober 2012, maka data citra satelit tersebut masuk kedalam kategori data update dikarenakan tanggal perekaman dari citra satelit tersebut kurang dari 90 hari (tepatnya 89 hari).

2). Untuk pengambilan data perekaman baru Citra Satelit SPOT-6 dan SPOT-7 dengan resolusi spasial 1.5 meter, terdapat aturan jarak antar verteks dan lebar ke segala arah area order minimal sejauh 20 km.

3). Citra Satelit WorldView-1 terdiri dari 1 band (pankromatik – hitam putih), WorldView-3 dan WorldView-2 (4 band dan 8 band), sedangkan sisanya terdiri dari 4 band VNIR (WorldView-4, GeoEye-1, QuickBird, Ikonos, Pleiades-1A, Pleiades-1B, SPOT-6, SPOT-7, Kompsat-3, Kompsat-3A).

 4). Terdapat perbedaan harga antara data arsip, data update, dan data perekaman baru. Untuk data perekaman baru terdapat tambahan biaya kembali untuk kondisi-kondisi tertentu.

5). Untuk data Citra Satelit WorldView-4, QuickBird, dan Ikonos, hanya tersedia data arsip, berhubung ketiga satelit sudah berhenti beroperasi. Untuk informasi terkait ketersediaan data dari tahun berapa hingga tahun berapa dari masing-masing citra satelit, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor WA/Telepon/SMS: 0857 2016 4965 atau 0878 2292 5861.

Untuk pengertian vertex sendiri yaitu titik dimana dua garis atau lebih bertemu. Berhubung area order merupakan data vektor dalam bentuk poligon (2 dimensi), maka vertex pada area order dapat diartikan juga sebagai titik-titik penyusun area order. Supaya Anda bisa lebih memahami pengertian vertex, Anda dapat mempelajarinya pada uraian di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Gambar 1. Verteks Penyusun Area Order

Gambar 1 di atas memperlihatkan contoh area order untuk pembelian data arsip Citra Satelit Kompsat-3. Dari tabel 1 di atas, diketahui bahwa aturan pembelian data arsip Citra Satelit Kompsat-3 yaitu luasan minimal order 25 kilometer persegi dengan jarak antar vertex minimal sejauh 5 kilometer. Maka ketika membuat area order perlu diperhatikan aturan yang telah diberlakukan oleh pihak vendor.

Area order pada contoh di atas mempunyai bentuk persegi, dengan total titik penyusun area tersebut berjumlah 4. Titik penyusun area (titik yang dilingkari warna biru pada Gambar 1), itulah yang disebut sebagai vertex. Jarak antar vertex sesuai dengan aturan pembelian data arsip Kompsat-3 yaitu minimal sejauh 5 kilometer, oleh karena itu pastikan 4 vertex tersebut mempunyai jarak satu sama lain sejauh minimal 5 kilometer.

Untuk mengetahui jarak antar vertex, dapat dilakukan di softwaresoftware geospasial yang biasanya sudah tersedia tool untuk mengukur sebuah jarak dari suatu titik, yang jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Gambar 3. Pengukuran Jarak Antar Verteks Bagian Ujung Kiri Atas dengan Ujung Kanan Atas

Pada contoh ini diperlihatkan contoh pengukuran jarak antara vertex bagian ujung kiri atas dengan ujung kanan atas. Dari hasil perhitungan didapatkan hasil bahwa jarak antar vertex tersebut yaitu 5.016 km (bagian yang dilingkari warna hijau pada Gambar 3), yang berarti bahwa jarak antar vertex tersebut sudah melebih jarak minimal antar verteks untuk pembelian data arsip Citra Satelit Kompsat-3 yaitu minimal sejauh 5 km.

Lakukan hal yang sama untuk perhitungan jarak antara vertex yang lain, misal jarak antara vertex bagian ujung kiri atas dengan ujung kiri bawah, vertex bagian ujung kiri atas dengan ujung kanan bawah, dan seterusnya. Jika sudah memenuhi syarat jarak antar vertex, maka pembuatan area order sudah dapat diterima pihak vendor, namun jika belum, maka modifikasi area order tersebut supaya sesuai aturan pembelian.

Hal yang sama berlaku untuk semua bentuk area order, walau misalnya bentuk area ordernya sembarang, contohnya dapat dilihat di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Gambar 4. Area Order dengan Bentuk Sembarang

Untuk area dengan bentuk selain persegi/persegi panjang, maka selain harus memperhatikan jarak antar vertex juga lebar ke segala arah sebuah verteks ke bentuk area order.

Gambar 4 di atas memperlihatkan contoh bentuk area order dalam bentuk sembarang untuk pembelian data arsip original Citra Satelit WorldView-2. Sesuai dengan aturan dari pihak vendor Maxar Technologies (dapat dilihat kembali tabel 1), bahwa untuk luasan minimal order pembelian data arsip original Citra Satelit WorldView-2 adalah seluas 25 kilometer persegi dengan jarak antar verteks dan lebar ke semua arah bentuk area order minimal sejauh 2 km.

Perhatikan Gambar 4 di atas, terdapat lebar ke segala arah dari sebuah vertex yang kurang dari 2 km, tepatnya hanya 1,589 km. Oleh karena itu, bentuk area order tersebut akan ditolak pihak vendor, dan perlu dimodifikasi hingga sesuai dengan persyaratan bentuk area order. Contoh hasil modifikasi area order tersebut supaya sesuai aturan pembelian, dapat dilihat di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Gambar 5. Area Order dengan Bentuk Sembarang Hasil Revisi

Terlihat dari Gambar 5 di atas, semula terdapat lebar dari sebuah vertex ke bentuk area order yang kurang dari 2 km, setelah dilakukan modifikasi melalui penarikan vertex tersebut ke arah bawah, maka lebarnya berubah menjadi 2,23 km, dan hal tersebut sudah sesuai persyaratan.

Ditariknya vertex tersebut ke arah bawah, tentu akan mempengaruhi juga beberapa vertex yang lainnya, sehingga jarak dan lebarnya ikut berubah. Perhatikan kembali Gambar 5, tanda panah dua arah di atas memperlihatkan vertex-vertex yang mengalami perubahan jarak antar vertex dan lebar ke segala arah dari bentuk area order. Namun walau mengalami perubahan, aturan minimal berjarak 2 km masih terpenuhi, sehingga area order tersebut dapat diterima oleh pihak vendor.

Konsekuensi dari perubahan bentuk area order tersebut yaitu bertambahnya luasan area order, dari semula mempunyai luasan 29 kilometer persegi, menjadi 32 kilometer persegi setelah dilakukan modifikasi.

Aturan Pembelian Citra Satelit Resolusi Tinggi

Map Vision memberi kategori citra satelit dengan resolusi spasial dari 2.5 meter hingga 6 meter termasuk ke dalam kategori citra satelit resolusi tinggi. Citra satelit yang termasuk dalam kategori resolusi tinggi beserta aturan pembeliannya, dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Tabel 2. Aturan Pembelian Data Citra Satelit Resolusi Tinggi

Catatan:

1). Untuk pembelian data Citra Satelit ALOS FUSI, ALOS PRISM,  SPOT-5, dan RapidEye, yang tersedia hanya data arsip, berhubung Satelit ALOS dan RapidEye sudah berhenti beroperasi. Untuk informasi terkait ketersediaan data dari tahun berapa hingga tahun berapa dari masing-masing citra satelit, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor WA/Telepon/SMS: 0857 2016 4965 atau 0878 2292 5861.

2). Untuk pengambilan data perekaman baru Citra Satelit SPOT-6 dan SPOT-7 dengan resolusi spasial 6 meter, jarak antar verteks dan lebar ke segala arah area order minimal sejauh 20 km.

3). Untuk perhitungan pembelian data original citra satelit resolusi tinggi sebagian besar dihitung per kilometer persegi, hanya data Citra Satelit ALOS (ALOS FUSI dan ALOS PRISM) yang dihitung per scene.

Aturan Pembelian Citra Satelit Resolusi Menengah

Map Vision memberi kategori citra satelit dengan resolusi spasial dari 10 meter hingga 30 meter termasuk ke dalam kategori citra satelit resolusi menengah. Citra satelit yang termasuk dalam kategori resolusi menengah beserta aturan pembeliannya, dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

harga citra satelit, informasi harga citra satelit, pricelist citra satelit, citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sangat tinggi, citra satelit resolusi menengah

Tabel 3. Aturan Pembelian Data Citra Satelit Resolusi Menengah

Catatan:

1). Untuk perhitungan pembelian dan pengolahan data original citra satelit resolusi menengah dihitung per scene.

2). Untuk data Citra Satelit Sentinel-2A, Sentinel-2B, Landsat 7, Landsat 8, Landsat 5, dan ASTER, hanya dikenakan biaya pengolahannya saja.

3).  Untuk Citra Satelit Landsat 5, SPOT-4, SPOT-5, ALOS AVNIR-2, dan ASTER, tidak tersedia data terbaru, berhubung satelit penghasil citra satelit tersebut sudah berhenti beroperasi. Untuk informasi terkait ketersediaan data dari tahun berapa hingga tahun berapa dari masing-masing citra satelit, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor WA/Telepon/SMS: 0857 2016 4965 atau 0878 2292 5861.

Rangkuman

Berikut ini rangkuman dari postingan mengenai harga citra satelit:

1). Harga citra satelit saat ini tergantung dari tingkat resolusi spasial, resolusi spektral, dan kebijakan dari masing-masing perusahaan penyedia data citra satelit.

2). Perhitungan pembelian dan pengolahan citra satelit resolusi sangat tinggi dihitung per kilometer persegi;

3). Terdapat aturan luasan minimal order dan jarak antar verteks serta lebar ke semua arah untuk pembelian data original citra satelit;

4). Perhitungan pembelian dan pengolahan citra satelit resolusi tinggi dihitung per kilometer persegi dan juga terdapat yang dihitung per scene;

5). Perhitungan pembelian dan pengolahan citra satelit resolusi menengah dihitung per scene;

6). Beberapa satelit observasi bumi penghasil citra satelit yang kami jual sudah berhenti beroperasi, oleh karena itu citra satelit tersebut hanya tersedia data arsip. Untuk mengetahui ketersediaan data citra satelit tersebut dari tahun berapa hingga tahun berapanya, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor WA/telepon/SMS, pada nomor berikut: 0857 2016 4965 atau 0878 2292 5861.

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga masing-masing citra satelit, atau ingin mengetahui ketersediaan data citra satelit sesuai spesifikasi yang Anda inginkan pada area yang hendak diorder beserta penawaran harganya, Anda dapat menghubungi kami pada media berikut:

Map Vision Indonesia “Create Your Vision with a Map”

WA/SMS/Telepon: 0857 2016 4965 (INDOSAT) atau 0878 2292 5861 (XL)

E-mail: mapvisioindonesia@gmail.com atau cs@mapvisionindo.com

 

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

2). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

3). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

4). [Tutorial] Membuat Grid di QGIS

5). [Tutorial] Membuat Animasi di QGIS

Avatar

Author: Map Vision Indonesia

Map Vision Indonesia merupakan team yang berisikan praktisi di bidang Citra Satelit, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Sistem Informasi Geografis (SIG), serta Pemetaan pada umumnya.Kami telah berpengalaman khususnya mengerjakan ratusan proyek pengadaan dan pengolahan serta mapping data citra satelit berbagai resolusi dari berbagai vendor sejak tahun 2013.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Website Ini Bermanfaat? Bagikan Supaya Kawan Anda Tahu

Facebook20k
20k
WhatsApp chat
%d bloggers like this: